Lingkungan dan Alam Perlu Diperhatikan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Penulis: Reza Perdana

Lingkungan dan Alam Perlu Diperhatikan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Psikolog Ratih Ibrahim saat berada di Medan, Sabtu (4/3).

Sabtu, 4 Maret 2017 | 22:25

Analisadaily (Medan) - Dalam proses tumbuh kembang anak, tidak hanya nutrisi yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Faktor lainnya seperti lingkungan juga perlu diperhatikan para orang tua untuk tumbuh kembang seorang anak.

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan, lingkungan di sekitar rumah dan alam yang alami adalah tempat yang ideal dan paling bagus untuk tumbuh kembang anak. Menurutnya, anak yang terpapar dengan alam dan punya hubungan dengan alam akan tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih sehat.

“Nah terus gimana kalau imitasi? Boleh? Bukan hal yang nggak boleh, kenapa? Paling tidak anak bisa mendapatkan sebuah media eksplorasi untuk stimulasi-nya. Sebagai orang tua, apapun juga yang kaitannya dengan alamiah dan memang betul-betul benar, itu tetap yang paling bagus,” kata Ratih dalam acara Nestle Dancow Explore your World di Medan, Sabtu (4/3).

Jadi kalau ditanya anak soal pisang itu datangnya dari mana, lanjutnya, sang anak akan menjawab dari pohon pisang, bukan dari warung dan bukan dari super market. “Pohon pisang bentuknya seperti apa? Dia tahu yang aslinya seperti apa, jadi bukan pohon yang palsu, jadi kita mengombinasikan semuanya,” ucap Ratih.

Mengenai seberapa penting orang tua membolehkan anak melakukan eksplorasi, menurut Ratih penting banget. “Jadi gini, kalau kita terlalu banyak menggunakan larangan, itu sebetulnya sama saja dengan kita mengkerdilkan anak,” sebutnya.

“Terus kalau gitu anak tidak boleh dilarang sama sekali? Boleh, tapi untuk hal-hal yang secara prinsip berbahaya, bukan hanya untuk anak itu sendiri, tetapi juga untuk yang lainnya, seperti orang lain, merusak alam, itu nggak boleh. Jadi kita tahu bahwa ada yang boleh dan yang tidak,” lanjutnya.

Ratih menuturkan, untuk hal-hal di luar itu, orang tua harus memberi ruang eksplorasi sebesar-besarnya kepada anak. Karena jika anak berani dan diizinkan orang tua, kemudian mendapatkan restu, anak otomatis akan jadi berani.

“Pada saat anak berani mencoba, dan dibolehkan orang tua, anak akan mendapatkan pengalaman eksplorasi yang membuatnya menjadi pintar, dan seluruh aspek kecerdasan anak, fisik, kognitif plus psikososial, itu membuat rasa percaya diri anak bertambah,” tuturnya.

Kalau kemudian anak gagal, Ratih menyarankan kepada orang tua harus berkata, “Nggak apa-apa, coba lagi, karena kita bilang iya boleh, anak akan terus mencoba lagi. Jadi makin lama, makin jago,” tuturnya.

Diterangkan Ratih, anak yang daya eksplorasi-nya tinggi akan berkembang menjadi orang yang lebih pintar dan kreatif, dan lebih pede, juga memiliki harga diri yang bagus. Sebab orang yang harga dirinya bagus, secara pribadi sehat.

“Kita ingin anak kita jadi pemimpin, mesti punya kecerdasan, nalar yang baik, punya juga harga diri yang baik, itu semua dari kecil dilatih,” terangnya.

Aktivitas anak perlu diperhatikan orang tua untuk tumbuh kembangnya.

Aktivitas anak perlu diperhatikan orang tua untuk tumbuh kembangnya.

Sebagai mitra terpercaya orang tua dalam memastikan tumbuh kembang optimal anak, Nestle Dancow menghadirkan inovasi terbarunya, Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lebih tinggi dari sebelumnya.

Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna anak. Menjaga asupan bakteri baik sangat penting, karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik anak,” terang Dokter spesialis tumbuh kembang anak, dr. Bernie Endayarni Medise, SpA (K).

Senior Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Riza Nopalas menambahkan, pihaknya percaya ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi, stimulasi serta cinta ayah dan bunda.

“Kami harap inovasi terbaru yang didukung Nestle Research Center ini dapat membantu si kecil mencapai tumbuh kembang yang optimal dari sisi nutrisi,” tandasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar