Lagu Sedih Bisa Lepaskan Stres?

Penulis: Ria Situmorang

Lagu Sedih Bisa Lepaskan Stres?

Ilustrasi (sciencealert)

Kamis, 16 Juni 2016 | 11:16

Analisadaily – Apa jawaban yang tepat untuk pertanyaan pada judul diatas menurut pengalaman Anda?

Dua jawabannya adalah iya dan tidak menurut para peneliti. Dalam studinya, peneliti menghubungkan lagu sedih dengan tiga jenis perasaan yaitu kenyamanan, rasa sakit dan kenikmatan.

Demi studi ini, para seniman musik melihat ekspresi emosional 2.436 orang yang mendengarkan lagu-lagu sedih berdasarkan survey di Inggris dan Finlandia.

Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yang terlibat dalam penelitian ini merasa sangat tenang saat merasakan pengalaman mendengar lagu sedih guna meningkatkan mood ke depannya.

Mendengarkan lagu sedih bisa saja menjadi wadah ekspresi bagi sebagian orang dan juga menjadi perasaan nyaman ketika mengingat kenangan-kenangan manis.

Namun, sebagian orang lagi merasakan pengalaman yang sangat menyakitkan saat mendengarkan lagu sedih, yang berhubungan dengan kenangan kehilangan seperti meninggalnya orang yang dicintai, perceraian, putus cinta dan kenangan buruk lainnya.

“Namun, ada juga orang yang benar-benar tidak menyukai lagu-lagu sedih dan menghindarkan diri untuk mendengarkannya. Dalam studi ini, kami meneliti pengalaman orang saat mendengar lagu yang sedih dan menemukan alasan mengapa mereka mendengar dan menghindar dari musik jenis ini,” terang Tuomas Eerola, Profesor dari Durham University di Inggris.

“Hasil ini membantu kita memetakan bahwa ada banyak cara orang mengatur mood-nya termasuk melalui musik, seperti rehabilitasi musik dan terapi musik untuk mengatur proses kenyamanan, ketenangan dan kenikmatan seseorang,” pungkasnya. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar