Kurangi Lemak Tubuh Perkecil Risiko Kanker Endometrium

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Kurangi Lemak Tubuh Perkecil Risiko Kanker Endometrium

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 17 Februari 2017 | 09:45

Analisadaily - Sebagian besar orang selalu berusaha keras untuk menurunkan berat badannya.

Manfaat menurunkan berat badan ternyata tidak hanya sebatas mengurangi risiko obesitas dan diabetes. Penelitian terbaru menyebut, penurunan berat badan juga mampu mengurangi risiko kanker endometrium yang biasa terjadi pada wanita berusia lanjut.

Data yang diambil dari 36.000 wanita pasca menopause selama 11 tahun terakhir, menemukan pertambahan berat badan yang bisa memperbesar risiko kanker hingga 23%.

Namun sebaliknya, bagi wanita penderita obesitas, penurunan berat badan sekaligus menurunkan 66% risiko terkena kanker endometrium.

"Kami memutuskan untuk melakukan penelitian karena kami menyadari tidak hanya obesitas yang bisa meningkatkan risiko kanker endometrium," kata peneliti dari Universitas Indiana, Amerika Serikat, Juhua Luo, dilansir dari Fox News, Jumat (17/2).

"Hubungan antara lemak dan kanker adanya jaringan estrogen yang dapat merangsang endometrium dan meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker endometrium," ujar Dr. Jason Wright, ahli bedah di Presbyterian Hospital, New York.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar