Kurangi Konsumsi Sodium Agar Lebih Sehat

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Kurangi Konsumsi Sodium Agar Lebih Sehat

Ilustrasi (Fox News)

Minggu, 19 Februari 2017 | 17:56

Analisadaily - Garam menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan, karena mengandung sodium. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berpotensi meningkatkan risiko kardiovaskular. Itulah sebabnya, mengonsumsi garam sebaiknya benar-benar diatur.

"Kita tahu, terlalu banyak garam menyebabkan ratusan ribu kematian akibat kardiovaskular. Pengurangan jumlah garam dapat menurunkan jumlah kematian akibat kardiovaskular per tahunnya," kata peneliti senior, Dr. Dariush Mozaffarian, dekan Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy di Boston.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menewaskan satu dari setiap tiga orang. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular pada umumnya. Serangan jantung dan stroke khususnya.

Mengurangi asupan natrium secara signifikan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa, yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sodium tidak hanya ditemukan pada garam saja. Berbagai makanan seperti roti, susu, telur, daging dan kerang juga mengandung sodium tinggi.

Untuk jenis makanan siap saji, sodium tinggi pada pretzel, popcorn, kecap dan kaldu. Dilansir dari Fox News, Minggu (19/2), untuk menurunkan risiko penyakit jantung, orang dewasa harus mengurangi asupan sodium kurang dari 2 gram per hari, atau setara satu sendok teh garam.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar