Kurang Tidur Terkait Masalah Perilaku Pada Anak

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Kurang Tidur Terkait Masalah Perilaku Pada Anak

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 18 Maret 2017 | 11:44

Analisadaily - Tidur terlalu sedikit pada anak usia dini terkait dengan masalah kognitif dan perilaku di tahun-tahun tumbuh kembangnya kemudian. Masalah perilaku yang dipengaruhi dari masalah tidur termasuk pengendalian emosi.

"Anak-anak yang tidak mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup lebih banyak, kesulitan dengan pengendalian emosi dan masalah perilaku lainnya," kata peneliti utama, Dr. Elsie Taveras, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (18/3).

"Apa yang kami temukan tentang waktu tidur pada anak, dikaitkan dengan fungsi eksekutif perilaku," tambah Taveras, yang juga kepala pediatri umum di Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak-anak di Boston.

Fungsi eksekutif pada dasarnya merupakan kemampuan otak untuk memproses informasi yang masuk dan menanggapi informasi. Ini hampir seperti pengontrol lalu lintas udara di otak. Kurang tidur pada bayi jika si bayi tidak tidur di atas 12 jam selama satu hari.

Kemudian, lanjutnya, untuk anak 3-4 tahun diwajibkan tidur minimal 14 jam per hari dan lebih kurang 10 jam untuk anak-anak 5 sampai 7 tahun.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar