Kontroversi Pemanis Buatan di Minuman Bersoda

Penulis: Sagita Purnomo | Editor: Reza Perdana

Kontroversi Pemanis Buatan di Minuman Bersoda

Minuman Bersoda (Berbagai Sumber)

Sabtu, 2 Mei 2015 | 09:15

Analisadaily - Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat telah mengeluarkan regulasi bahwa bahan pemanis buatan jenis aspartame, masih aman digunakan dalam minuman bersoda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu lembaga kesehatan menyebutkan bahwa bahan ini juga tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi jangka panjang.

Padahal, sebelumnya pemanis buatan yang terdapat dalam minuman bersoda dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah yang dapat memunculkan penyakit diabetes.

Hal tersebut menyebabkan penjualan minuman bersoda di kedua negara tersebut turun hingga 5 persen. Sebab itu, salah satu produsen minuman bersoda yang identik dengan 'warna biru' akan mengganti bahan aspartame dengan sucralose yang dicampur acesulfame potassium (Ace-K).

"Aspartame menjadi penyebab nomor satu orang-orang menjalani diet minuman bersoda. Karena itu kami akan mengganti dengan bahan yang lebih aman lagi," kata wakil presiden salah satu minuman bersoda, dikutip dari BBC News.

 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar