Konsumsi Jeruk Tingkatkan Risiko Melanoma?

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Triansari Prahara

Konsumsi Jeruk Tingkatkan Risiko Melanoma?

Jus Jeruk (Berbagai Sumber)

Rabu, 1 Juli 2015 | 16:08

Analisadaily - Penelitian menemukan bahwa mengkonsumi segelas jus jeruk dalam sehari bisa meningkatkan risiko kanker kulit melanoma sebesar 25 persen.

Dilansir dari Daily Mail, penulis senior Dr Abrar Quershi, ketua dermatologi di Brown University dan dokter kulit di Rumah Sakit Rhode Island, di Providence, mengatakan bahwa buah jeruk mengandung psoralen dan furocoumarins. Ini merupakan bahan kimia 'photoactive' yang membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Penelitian yang dilakukan selama 20 tahun yang meneliti terkait konsumsi panganan dan minuman dengan unsur jeruk ditemukan bahwa orang yang makan jeruk dua sampai empat kali seminggu memiliki 10 persen peningkatan risiko melanoma, dibandingkan dengan orang yang makan jeruk kurang dari dua kali seminggu.

Akibat konsumsi jeruk yang meningkat, maka begitu pula terjadi peningkatan risiko jenis kanker kulit. Orang yang makan buah lebih dari 1,5 kali per hari rata-rata memiliki 36 persen peningkatan risiko melanoma.

Dari semua buah jeruk, jeruk tampaknya memiliki hubungan kuat dengan melanoma.

"Bahkan untuk berbagai jumlah paparan sinar matahari dan lokasi geografis dari peserta studi, hubungan antara buah jeruk dan kanker kulit masih kuat," kata Dr Qureshi.

Dia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi terkait kanker kulit yang timbul akibat berlebihan mengkonsumsi jeruk.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar