Konsumsi Durian Saat Hamil, Ini yang Perlu Wanita Ketahui

Penulis: Reza Perdana

Konsumsi Durian Saat Hamil, Ini yang Perlu Wanita Ketahui

Durian (Asia One/Pixabay)

Kamis, 16 Mei 2019 | 13:11

Analisadaily - Berbagai informasi tidak pasti berkebang di kalangan masyarakat mengenai boleh atau tidaknya seorang wanita mengkonsumsi durian saat hamil. Bahkan, ada pula yang menyarankan banyak konsumsi durian saat hamil agar mudah dalam persalinan.

Untuk menjawab informasi tersebut, berikut beberapa poin penting yang harus wanita pahami:

Dilansir dari Asia One, Kamis (16/5), saat hamil seorang wanita diminta untuk mewaspadai kabar yang mengatakan durian adalah makanan yang layak dikonsumsi. Mungkin, Anda juga pernah mendengar bahwa durian adalah King of Fruit, makanan super yang sangat bergizi.

“Tidak ada bukti ilmiah durian makanan super bagi kehamilan,” kata Dr Goh Shen Li, konsultan kebidanan dan kandungan di Klinik Wanita SL Goh, di Mount Alvernia Medical Center D.

Dr. Goh mempersilakan kepada wanita hamil dan menikmati durian jika memang suka, tetapi harus diiringi dengan berolahraga secukupnya.

“Itu karena durian tinggi gula dan karbohidrat, hanya lima biji berukuran sedang mengandung sekitar 160 kalori, lebih dari 330ml kaleng cola yang memiliki 140 kalori,” kata Dr. Goh.

Hal itu juga mengapa wanita hamil yang memiliki diabetes gestasional harus menjauh dari durian.

Dr Goh menambahkan, tetapi karena menjadi buah berkalori tinggi, mengkonsumsi durian dapat membantu bayi dalam kandungan bertambah berat badannya, dan bukan karena masalah plasenta atau tali pusat.

“Tapi, periksa dengan dokter Anda terlebih dahulu. Selain meningkatkan asupan karbohidrat Anda, penting untuk memasukkan makanan kaya protein, seperti telur dan daging, dalam diet Anda,” sarannya.

Dr Tan Wei Ching, seorang konsultan senior di Departemen Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), mengingatkan, makan untuk dua orang selama kehamilan adalah gagasan yang sudah ketinggalan zaman. Kenaikan berat badan yang disarankan selama kehamilan adalah 12 Kg hingga 16 Kg,

“Rata-rata, sebagian besar wanita memakai sebagian besar berat badan pada paruh kedua kehamilan. Dalam 20 minggu pertama, kenaikannya hanya 2 K hingga 3 Kg,” terangnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar