Konsumsi Brokoli Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Penulis: Reza Perdana

Konsumsi Brokoli Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi (Boldsky)

Jumat, 16 Juni 2017 | 18:46

Analisadaily - Mengonsumsi ekstrak brokoli, sayuran padat yang kaya vitamin, serat dan fitokimia disebut dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola gula darah mereka.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (16/6), dalam sebuah penelitian, diabetes tipe 2 mempengaruhi sekitar 450 juta orang di seluruh dunia dan sebanyak 15 persen pasien tidak dapat menggunakan metformin lini pertama, karena risiko kerusakan ginjal.

Temuan menunjukkan bahwa brokoli, yang juga kaya sulforaphane, senyawa alami yang ditemukan di sayuran cruciferous, dapat membantu membalikkan bahaya penyakit.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, senyawa ini mengurangi produksi glukosa oleh sel hati yang tumbuh dan mengubah ekspresi gen hati jauh dari keadaan berpenyakit pada tikus dengan diabetes.

Seorang peneliti dari Universitas Lund di Swedia, Annika Axelsson mengatakan, sulforaphane membalik tanda penyakit di hati dari hewan diabetes, dan memotong produksi glukosa yang berlebihan serta intoleransi glukosa dengan besaran yang sama dengan metformin,

“Sulforaphane yang diberikan sebagai ekstrak sprout terkonsentrasi mengurangi glukosa darah dan hemoglobin terglikasi (HbA1c) pada pasien obesitas dengan diabetes tipe 2 yang tidak teratur,” katanya.

Untuk penelitian yang muncul dalam jurnal Science Translational Medicine, tim membuat tanda tangan untuk diabetes tipe 2 berdasarkan 50 gen, kemudian menggunakan kumpulan data ekspresi yang tersedia untuk mempublikasikan 3.852 senyawa obat yang berpotensi membalikkan penyakit.

Ketika para periset memberi ekstrak brokoli terkonsentrasi kepada 97 pasien diabetes tipe 2 pada percobaan terkontrol plasebo selama 12 minggu, peserta obesitas yang mengalami penyakit yang tidak teratur menunjukkan penurunan kadar glukosa darah puasa secara signifikan dibandingkan dengan kontrol.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar