Kiat Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Penulis: Christison Sondang Pane

Kiat Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Dr. Ryki M. Sihombing, M.Ked (PD), Sp.PD, Kamis (15/6)

Kamis, 15 Juni 2017 | 21:36

Analisadaily (Medan) - Banyak manfaat dirasakan masyarakat ketika melaksanakan ibadah puasa. Selain membantu mengurangi berat badan, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan otak.

"Berpuasa dapat menurunkan resiko diabetes, mengurangi stress oksidatif, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan otak,” kata Dr. Ryki M. Sihombing, M.Ked (PD), Sp.PD. di RS. Siloam Dhirga Surya, Kamis (15/6).

Dr. Ryki M. Sihombing menuturkan, periode waktu  berpuasa berbeda di tiap negara. Waktu berpuasa di belahan bumi utara lebih panjang dibanding dengan belahan bumi selatan.

"Karenanya paparan ilmiah mengenai “Kiat Sehat di Bulan Ramadan” dirasa perlu disampaikan kepada masyarakat agar menjalankan puasa sepanjang bulan Ramadan," tuturnya.

Pada orang yang berpuasa, tambahnya, akan terjadi  perubahan fungsi sel, gen dan hormone di dalam tubuh, yaitu kadar insulin pada darah menurun signifikan sehingga memfasilitasi pembakaran pada lemak dan pembentukan massa otot. Tubuh memicu proses perbaikan sel, seperti pembuangan zat racun dari sel.

"Perubahan yang menguntungkan pada beberapa gen dan molekul molekul berhubungan dengan proteksi terhadap Penyakit. Salah satunya, penurunan resistensi insulin dapat membantu menurunkan kadar gula darah (resiko terkena diabetes berkurang)," jelasnya.

Di sisi lain, berpuasa juga dapat meningkatkan resistensi tubuh terhadap stress oksidati dan memperbaiki beberapa faktor resiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah.

Selain itu, Dr. Ryki M. Sihombing juga mengungkapkan, ada kiat sehat lain saat berpuasa, seperti menu sehat santap sahur dan berbuka. Hindari makanan berlemak dan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan

“Minum yang cukup dan saat sahur hindari lah minum kopi atau teh, olahraga ringan, menjaga kebersihan gigi dan mulut selama berpuasa,” katanya.

Selain itu, dia menambahkan, jangan konsumsi minuman dingin atau es. Saat berbuka puasa, hendaknya tidak makan sekaligus namun secara bertahap, bila diperlukan, konsumsi multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan dan istirahat yang cukup.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar