Kiat Sederhana Melawan Depresi

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Reza Perdana

Kiat Sederhana Melawan Depresi

Ilustrasi termenung (Health)

Rabu, 11 Januari 2017 | 22:04

Analisadaily - Depresi merupakan suatu kondisi yang buruk bagi manusia dan berlangsung selama kurun waktu tertentu, serta dapat menghambat aktivitas. Oleh karena itu, depresi harus dilawan jangan sampai membuat diri Anda stres.

Dilansir dari Health, Rabu (11/1), Direktur Pelatihan Psikologi di Montefiore Medical Center, New York City, Simon Rego mengatakan, jenis terapi disebut terapi perilaku kognitif yang berfokus pada perubahan perilaku.

“Ini jauh lebih efektif, bahkan menggantikan obat. Fokus pada pekerjaan yang dilakukan dan berpikir menjaga supaya tidak tertekan,” kata Rego.

Berikut ini beberapa metode yang dapat dipraktekkan di rumah dan tidak perlu lagi melakukan pelatihan-pelatihan khusus.

Berhenti merenung

Pernah berbenturan dengan rekan atau berkelahi kemudian membuat Anda terus berpikir obsesif. Itu juga memperkuat kemarahan, stres dan cemas. Berhentilah merenungkan, karena dapat menekan Anda atau disebut ruminasi.

Allihkan pikiran Anda dengan bermeditasi atau mengarahkan alur pikiran. Terapi kognitif demikian mampu memecahkan masalah, sedangkan termenung bisa merusak kesehatan mental.

Jangan terpaku pada masa lalu

Anda tidak dapat mengubah masa lalu, sehingga harus melakukan apa yang akan dikerjakan di masa sekarang. Merenungkan masa lalu dapat menghasilkan kecemasan, seperti khawatir tentang masa depan.

Rego juga menyarakan agar jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri.

Menjangkau orang lain

Berhubungan atau menjangkau orang lain dapat menghidupkan kembali atau memperluas jaringan sosial. Itu akan memberikan kesempatan bagi Anda mendapatkan dukungan dan saran-saran positif.

Daripada tinggal di rumah sendiri, itu akan menimbulkan stres dan menghilangkan semangat.

Membuat rutinitas terstruktur

Rego menyampaikan, orang-orang yang depresi cenderung makan dan tidur tidak konsisten. Penting untuk mengatur dan menetapkan rutinitas sehari-hari dengan baik. Ini akan memberi rasa keteraturan, sehingga membantu mengatasi depresi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar