Khasiat Mangga Bagi Penderita Diabetes

Penulis: Reza Perdana

Khasiat Mangga Bagi Penderita Diabetes

Mangga (Boldsky)

Senin, 7 Agustus 2017 | 19:33

Analisadaily - Sejak dahulu buah-buahan telah dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan ataupun meredakan berbagai penyakit. Sebelum munculnya pengobatan modern, bahan alami seperti buah, sayuran, rempah-rempah, bunga, akar, dan sebagainya, digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit.

Dilansir dari Boldsky, Senin (7/8), banyak penelitian telah menemukan obat alami membuat orang lebih sehat dalam jangka panjang, karena tidak menimbulkan risiko efek samping seperti kebanyakan obat modern. Mangga adalah salah satu buah yang kaya berbagai nutrisi dan mineral, sehingga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Mangga diketahui menurunkan kolesterol tinggi, mengurangi jerawat, memperbaiki kesehatan mata, memungkinkan kesehatan seksual, mengurangi keasaman, memperbaiki kesehatan jantung, mencegah stroke, dan lain sebagainya.

Selain menjadi buah yang luar biasa lezat, mangga juga merupakan buah luar biasa yang bisa mengobati banyak kondisi kesehatan. Mangga telah ditemukan untuk mencegah kanker. Sebuah studi penelitian baru-baru ini mengatakan, seiring dengan manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, mangga juga dapat mengendalikan diabetes.

Banyak penderita diabetes cenderung menghindari mengkonsumsi mangga. Namun sebuah penelitian bisa memberi perspektif baru. Berikut penjelasannya:

Bagaimana Mangga Mengendalikan Diabetes

Seperti kita ketahui, diabetes adalah penyakit metabolik yang serius dan biasanya menyerang orang di atas usia 50 tahun, terlepas dari jenis kelaminnya.

Bagian terburuk tentang diabetes adalah penyakit ini hanya bisa diobati dan dikendalikan, tapi tidak pernah bisa disembuhkan. Beberapa varian diabetes juga dapat mempengaruhi orang muda dan wanita hamil.

Diabetes dapat digambarkan sebagai kondisi dimana kadar gula darah menjadi sangat tinggi, karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, mengakibatkan sejumlah gejala negatif. Beberapa gejala diabetes meliputi, penurunan berat badan, sering buang air kecil, menurunkan imunitas, kelelahan, menurunkan kapasitas pembekuan darah, dan lain sebagainya.

Ilustrasi (Boldsky)

Ilustrasi (Boldsky)

Sebuah penelitian baru-baru ini yang dipublikasikan di jurnal FASEB menunjukkan bahwa mangga mungkin memiliki kemampuan untuk mengendalikan diabetes dan gejala yang tidak diinginkan. Studi tersebut selanjutnya melaporkan bahwa karena mangga mengandung vitamin A, dan kandungan seratnya tinggi, mangga dapat mengurangi respons inflamasi organ dalam pada pasien diabetes.

Selain itu, mangga juga dapat menjaga kadar glukosa dalam darah penderita diabetes, dan mencegahnya dari spiking, sehingga menjaga penyakit ini terkendali. Seiring dengan mengkonsumsi mangga secara teratur, penting juga untuk mengkonsumsi obat diabetes yang diresepkan oleh dokter Anda.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar