Ketamin Bermanfaat Untuk Depresi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Ketamin Bermanfaat Untuk Depresi

Ketamin (BBC)

Selasa, 24 April 2018 | 13:39

Analisadaily - Ketamine dikenal sebagai obat anestesi yang umumnya digunakan dalam proses pembiusan.

Namun hasil penelitian terbaru menyebut, ketamin juga bermanfaat untuk mengelola depresi. Melalui semprot hidung, ketamin dapat memberikan manfaat signifikan dalam mengurangi gejala depresi selama 24 jam pertama.

The Royal College of Psychiatrists mengatakan, pemberian ketamine dalam bentuk esketamine (bagian dari molekul ketamin) merasa lebih baik selama empat pekan pertama pengobatan. Namun pada 25 hari efeknya menghilang.

Penulis penelitian ini dapat menawarkan pengobatan cepat yang efektif untuk orang yang sangat depresi dan berisiko akan bunuh diri dan bisa membantu dalam tahap awal pengobatan, karena sebagian besar anti-depresan membutuhkan empat hingga enam pekan untuk menjadi sepenuhnya efektif.

Sejauh ini belum ada laporan ketergantungan esketamine atau penyalahgunaan dalam uji coba. Meski begitu, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan pada potensi penyalahgunaan ketamin dan mengatakan ini harus dilihat selama uji coba berikutnya.

Para ilmuwan di Inggris juga mempelajari ketamin sebagai pengobatan untuk depresi yang diambil secara intravena. Dr. James Stone dari Royal College of Psychiatrists mengatakan, pengobatan lebih efisien sedang dikembangkan.

"Alasan utama untuk signifikansi obat karena sedang dikembangkan oleh perusahaan obat dan kemungkinan besar segera tersedia sebagai pengobatan depresi," kata James, dilansir dari BBC, Selasa (24/4).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar