Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh Pada Anak

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh Pada Anak

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 2 September 2016 | 08:47

Analisadaily - Orang tua yang memiliki kondisi mental minim, ternyata mempengaruhi kesehatan anak seiring mereka tumbuh menjadi dewasa.

Dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan University of Manchester diketahui, gangguan kesehatan mental orang tua yang berpengaruh pada anak seperti stres, kecemasan, depresi, skizofrenia dan penyalahgunaan obat terlarang.

Dari semua kondisi mental orang tua yang telah disebutkan di atas, pengaruh paling berdampak adalah penyalahgunaan obat terlarang. Anak-anak yang orang tuanya kecanduan obat terlarang, memiliki risiko besar untuk melakukan bunuh diri atau kekerasan saat usia mereka bertambah.

"Setidaknya, anak-anak ini memiliki risiko dua kali lipat untuk mencoba bunuh diri dan melakukan tindak kekerasan, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki orang tua dengan gangguan mental," kata peneliti utama di University of Manchester, Pearl Mok, dilansir dari Fox News, Jumat (2/9).

Tidak menutup kemungkinan, faktor-faktor tertentu dapat menjadi alasan lain seperti kerentanan genetik, sifat impulsif-agresif. Namun ini semua tetap terhubung dengan kondisi orang tua.

Temuan ini dapat membantu para peneliti mengidentifikasi cara-cara untuk mencegah seseorang melakukan tindakan bunuh diri pada generasi berikutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar