Kesehatan Dunia Kurangi 90 Persen Kolera Pada 2030

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Kesehatan Dunia Kurangi 90 Persen Kolera Pada 2030

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 5 Oktober 2017 | 14:29

Analisadaily - Kesehatan dari seluruh dunia melakukan pertemuan di Prancis belum lama ini. Salah satu hasil pertemuan mereka adalah berkomitmen mengurangi 90 persen kolera pada tahun 2030.

Korela sendiri menyebar melalui air yang terkontaminasi dan telah membunuh sekitar 100.000 orang setiap tahunnya. Saat ini, Kolera telah menyebar di negara yang dilanda perang akibat memburuknya kebersihan dan kondisi sanitasi.

Lebih dari 770.000 orang telah terinfeksi Korela. Buruknya penanganan di camp pengungsi membuat 2.000 orang telah meninggal. Banyak korbannya adalah anak-anak.

Dilaporkan dari BBC, Kamis (05/10), Kolera adalah infeksi diare akut yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri Vibrio cholera.

Hal ini dapat menyebar dengan cepat dan luas dalam kondisi wilayah yang sempit dan kotor. Infeksi ini sebenarnya mudah untuk diobati. Hanya saja, secara global, sebanyak dua miliar orang di seluruh dunia sulit mendapatkan air bersih.

Vaksin kolera oral merupakan bagian penting untuk melawan penyakit ini. Kendalanya, selain sulit diperoleh di wilayah perang, vaksin hanya menawarkan perlindungan hingga 3 tahun.

"Vaksin tidak memecahkan masalah. Air dan sanitasi adalah solusi jangka panjang," kata Dr Seth Berkley, chief executive Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar