Kerontokan Rambut Berkaitan Erat dengan Munculnya Kanker Prostat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Kerontokan Rambut Berkaitan Erat dengan Munculnya Kanker Prostat

llustrasi (Fox News)

Kamis, 7 Mei 2015 | 13:13

Analisadaily - Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan secara khusus bahwa laki-laki botak disinyalir kuat memiliki hubungan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Penelitian ini melibatkan objek lebih dari 4.000 pria berusia antara 25 dan 74 tahun di AS.

Seluruh objek dianalisis dan dinilai oleh dokter kulit yang kemudian dibagi ke dalam tiga kategori yakni tidak botak, botak minimal dan botak maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria botak maksimal memiliki 56 persen potensi untuk meninggal akibat kanker prostat selama periode 21 tahun dibandingkan dengan laki-laki yang tidak memiliki tanda-tanda botak atau rambut rontok secara umum.

Bahkan, pria yang mengalami kebotakan permanen dipredikasi memiliki risiko sekitar 83 persen lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker prostat. Para peneliti membutuhkan waktu lebih banyak untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara kebotakan dan kanker prostat.

Sejauh ini, hubungan kanker prostat dan kebotakan diduga karena jumlah hormon yang terdapat pada kaum laki-laki seperti testosteron yang diyakini berperan signifikan untuk menimbulkan risiko kebotakan dan kanker prostat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar