Kereta Api Terapkan Aturan Khusus Bagi Penumpang Ibu Hamil

Kereta Api Terapkan Aturan Khusus Bagi Penumpang Ibu Hamil

Ibu hamil (Pixabay)

(rel/rzd)

Rabu, 19 Juni 2019 | 23:09

Analisadaily (Medan) - Untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dalam perjalanan, Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara (Sumut) menerapkan aturan tentang perjalanan dengan Kereta Api Jarak Jauh bagi penumpang yang sedang mengandung.

Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. Ilud. Siregar mengatakan, di dalam aturan tersebut disebutkan bahwa ibu hamil diizinkan melakukan perjalanan dengan kereta api, dengan ketentuan usia kehamilan 14 hingga 28 minggu. Ibu hamil dalam kondisi sehat.

“Kandungan sehat dan tidak ada kelainan dan wajib didampingi oleh minimal satu penumpang dewasa,” kata Ilud, Rabu (19/6).

Disebutkannya, jika usia kandungan penumpang kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, penumpang tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan usia kehamilan dan status kesehatan pada saat pemeriksaan.

Jika penumpang tidak dapat menunjukkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan pada saat boarding, penumpang tersebut dapat memeriksakan kandungannya di pos kesehatan yang ada di stasiun keberangkatan.

Apabila setelah pemeriksaan oleh petugas kesehatan penumpang yang hamil tersebut dinyatakan atau direkomendasikan tidak dalam kondisi yang memungkinkan untuk naik kereta api, penumpang tersebut dapat melakukan pembatalan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan 100 persen.

“Aturan yang diberlakukan KAI sejak 2017 ini merupakan salah satu cara untuk menjamin keselamatan pengguna jasa kereta api, khususnya yang sedang mengandung,” sebutnya.

Oleh karena itu, KAI mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api yang dalam kondisi mengandung dan akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api untuk menaati peraturan demi keselamatan diri sendiri dan bayi yang dikandungnya.

“Juga untuk keselamatan bersama,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar