Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini (Part 1)

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini (Part 1)

Ilustrasi (Times of India)

Rabu, 18 Maret 2015 | 19:42

Analisadaily - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kesalahan gaya hidup sehingga banyak menyerang orang-orang yang bergaya hidup modern.

Kekurangan nutrisi makanan yang tepat, tidak adanya kontrol porsi makanan serta jarangnya berolahraga menjadi contoh kesalahan gaya hidup dewasa ini. Untuk menghindari munculnya diabetes, mari kita ketahui gejala awal yang ditimbulkan hasil kutipan dari Times of India:

1. Meningkatnya frekuensi haus dan buang air kecil

Haus yang berlebihan dan seringnya buang air kecil adalah salah satu gejala paling umum manusia yang akan terserang diabetes. Proses sekresi yang tinggi pada ginjal membuat tubuh menjadi lebih mudah mengalami dehidrasi sehingga muncul keinginan untuk mengkonsumsi cairan yang lebih banyak.

2. Rasa lapar yang berlebihan

Hal ini bisa terjadi karena tingkat insulin di dalam darah tidak proporsional sehingga sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Tubuh yang merespon untuk memiliki sumber energi lebih banyak menghasilkan hasrat untuk makan secara berlebihan.

3. Menyusutnya berat badan secara tiba-tiba

Menurunnya berat badan secara drastis tanpa disebabkan olahraga dan diet bisa menjadi pertanda munculnya diabetes. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menyerap glukosa dan tingginya frekuensi buang air kecil.

4. Mudah lelah

Kondisi ini sangat sering dialami oleh calon penderita diabetes karena ketidakmampuan tubuh dalam menyerap glukosa dan berkurangnya pasokan energi di dalam tubuh sehingga membuat manusia gampang emosi dan cepat lelah.

5. Luka sukar sembuh

Bagi para penderita diabetes yang memiliki luka atau goresan kecil akan membutuhkan waktu cukup lama untuk proses penyembuhannya. Hal ini dikarenakan rusaknya sistem imun pada tubuh.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar