Kematian Akibat Berat Badan Tidak Hanya Berkaitan Dengan Obesitas

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Kematian Akibat Berat Badan Tidak Hanya Berkaitan Dengan Obesitas

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 15 Juni 2017 | 13:26

Analisadaily - Seseorang tidak harus didiagnosis menderita obesitas sehingga berisiko meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.

Dari empat juta kematian akibat kelebihan berat badan pada tahun 2015, hampir 40% tidak mengalami obesitas secara klinis.

Kelebihan berat memiliki risiko jauh lebih berbahaya, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Orang-orang justru mengabaikan hal ini.

Padahal, kenaikan berat badan yang tidak sesuai Body Mass Index (BMI) tetap perlu diperhatikan.

"Orang yang mengabaikan kenaikan berat badan berisiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker dan kondisi lain yang mengancam jiwa," kata Dr. Christopher Murray, peneliti dan direktur Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan di Universitas Washington, dilansir dari BBC, Kamis (15/6).

"Kelebihan berat badan adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling menantang dan mempengaruhi satu dari tiga orang," tambah Dr. Ashkan Afshin, asisten profesor Kesehatan Global di IHME.

"Kami telah menetapkan pedoman yang jelas untuk industri makanan agar mengurangi gula dalam makanan yang dikonsumsi anak-anak. Industri makanan diminta secara terbuka dan transparan menyertakan bahan dan kadar gula di dalam makanan," imbaunya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar