Kemampuan Spasial Manusia Tinggi Lebih Baik

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Kemampuan Spasial Manusia Tinggi Lebih Baik

Ilustrasi (Fox News)

Minggu, 4 September 2016 | 08:39

Analisadaily - Manusia yang memiliki postur tubuh tinggi, lebih memiliki kemampuan spasial dalam menemukan benda dibandingkan manusia berpostur pendek.

Otak manusia lah yang menjadi alasannya. Bias intrinsik biasanya terjadi saat seseorang lebih memiliki sedikit informasi tentang di mana objek berada. Misalnya secara harfiah dalam gelap dan harus membuat tebakan.

Tidak banyak yang tahu, manusia biasanya meremehkan jarak antara dirinya dengan objek yang dicari. Kemampuan inilah yang disebut dengan kemampuan spasial. Orang yang tinggi lebih sensitif dalam menemukan barang tersebut.

"Penelitian kami sebelumnya telah menunjukkan bias intrinsik adalah kurva imajiner yang membentang dari kaki seseorang hingga ke atas kepala," kata peneliti di Ohio State University, Teng Leng Ooi, dilansir dari FoxNews, Minggu (4/9).

Ketika orang tinggi duduk di kursi dan peserta lebih pendek berdiri, orang-orang yang tinggi masih lebih akurat dalam menyelesaikan masalah spasial. Tinggi mereka telah membentuk mental ke permasalahan jarak.

Peneliti mengatakan, mereka tertarik dalam penelitian ke depan dengan kasus lainnya guna mengetahui masalah tinggi badan. Misalnya pengembangan pada anak-anak dan menyelidiki apakah hewan memiliki bias visual yang berbeda, mungkin berdasarkan niche ekologi mereka.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar