Kelebihan Berat Badan Timbulkan Berbagai Kanker

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Lely Novita

Kelebihan Berat Badan Timbulkan Berbagai Kanker

Ilustrasi (Fodd Ndtv)

Senin, 19 Oktober 2015 | 18:44

Analisadaily – Sebuah studi baru yang menganalisis data lebih dari lima juta orang, telah menemukan kaitan antara berat badan dan kanker.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet, lebih dari 12.000 kanker baru ditemukan setiap tahunnya di Inggris, dimana semuanya berhubungan dengan kelebihan berat badan.

Studi ini menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Untuk setiap kenaikan lima angka dalam indeks massa tubuh (BMI), seseorang berisiko 62 persen didiagnosis dengan kanker rahim, dan 25 persen kemungkinan mengembangkan kanker ginjal.

“Salah satu cara kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker terletak pada kenyataan bahwa kelebihan lemak tidak hanya membuat seseorang malas bergerak, tetapi juga memproduksi berbagai hormon, salah satunya estrogen,” kata konsultan NHS, Sally Norton.

“Setelah menopause, ketika ovarium berhenti memproduksi hormon, lemak adalah sumber utama estrogen. Ini berarti wanita pasca-menopause yang kelebihan berat badan berisiko lebih besar dari tumor yang dirangsang oleh estrogen."

Kelebihan lemak tidak hanya meningkatkan risiko beberapa jenis kanker payudara, tetapi juga membuat sistem pengobatan menjadi kurang efektif.

"Sebanyak 41 persen dari kanker rahim mungkin disebabkan oleh obesitas," katanya, seperti dilansir dari Food Ndtv, Senin (19/10).

Sementara itu, dalam kasus laki-laki, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Sekitar 10 persen dari kanker usus besar berkaitan dengan obesitas. Sementara jenis kanker lainnya yang berhubungan dengan obesitas adalah kanker hati.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar