Kecanduan Main Smartphone, Mata Anak 2 Tahun Miopi Parah

Penulis: Reza Perdana

Kecanduan Main Smartphone, Mata Anak 2 Tahun Miopi Parah

Ilustrasi (Pixabay)

Selasa, 11 Juni 2019 | 13:54

Analisadaily - Berapa banyak waktu layar yang harus didapatkan seorang anak? Orang tua dari seorang balita di China terkejut mengetahui penglihatan anak perempuannya rusak oleh kecanduan ponsel pintar.

Dilansir dari Asia One, Selasa (11/6), anak perempuan berusia dua tahun dari Jiangsu, yang dikenal sebagai Xiao Man, baru-baru ini didiagnosis menderita miopi atau rabun jauh parah setelah orang tuanya membawanya ke dokter.

Menurut laporan media China, Xiao Man mulai menonton acara di telepon sejak ia berusia satu tahun.

Orang tuanya tidak ketat dengan waktu bermain smarphone dan mereka sering membiarkannya menggunakan perangkat untuk waktu yang lama, karena itu adalah satu-satunya hal yang membuatnya diam setiap kali dia bertingkah.

Seiring berlalunya waktu, orang tua gadis itu memperhatikan bahwa ia mengerutkan kening dan menyipitkan mata saat menonton pertunjukan di perangkat elektronik, dan sering menggosok matanya.

Pada awalnya, mereka menganggap perilaku itu sebagai kebiasaan buruk tetapi memutuskan untuk membawanya ke dokter untuk pendapat kedua.

Yang mengejutkan mereka, putri mereka didiagnosis menderita miopi parah hampir 900 derajat. Para dokter memberi tahu keluarga bahwa kondisinya tidak dapat dipulihkan, dan penglihatannya bisa bertambah buruk saat ia tumbuh dewasa.

Dokter juga berbagi bahwa kasus gadis itu karena penggunaan perangkat elektronik yang terlalu lama dan prematur.

Mereka menyarankan para orang tua dari anak-anak kecil untuk membatasi penggunaan smartphone atau tablet mereka - anak-anak di bawah usia tiga tahun tidak boleh menggunakannya, sementara anak-anak berusia antara tiga dan enam tahun hanya boleh mendapatkan waktu layar hingga 30 menit setiap hari.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar