Kecanduan Game Anak Lebih Kepada Masalah Moral

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Kecanduan Game Anak Lebih Kepada Masalah Moral

Ilustrasi (BBC)

Senin, 25 Juni 2018 | 12:46

Analisadaily - Keputusan untuk mengklasifikasikan kecanduan game pada anak sebagai gangguan kesehatan mental merupakan keputusan yang belum diambil oleh WHO karena masih banyak penelitian yang harus dilakukan.

Untuk sementara, WHO mengklaim, masalah ini termasuk kepada masalah moral atau kepanikan moral. Dosen psikologi biologi, Dr. Peter Etchells, mengatakan, langkah ini berisiko patologisasi perilaku yang tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

“Konsensus para ahli dari berbagai disiplin ilmu dan wilayah geografis, mendefenisikan masalah moral sebagai pola perilaku bermain game yang didahulukan atas kepentingan hidup lainnya,” kata salah satu perwakilan WHO dilansir dari BBC, Senin (25/6).

Masih kurangnya bukti ilmiah berkualitas, baik tentang bagaimana mendiagnosis kecanduan video game membuat klasifikasi kecanduan game belum dipetakan secara baik.

Pada akhirnya, penanganan untuk pecandu game juga belum bisa dilakukan.

Dr. Etchells dan Andy Przybylski, profesor dan direktur penelitian di Oxford Internet Institute, masih ada hubungan yang lemah antara pecandu game dan kesehatan.

Ditambah lagi, peneliti harus mengetahui masalah spesifik yang mungkin saja terjadi di rumah si pecandu game.

Apa pun sebutan untuk pecandu game, American Academy of Paediatrics mengusulkan ada batas waktu bagi anak untuk bermain game. Mereka menyarankan, anak hanya bermain game satu sampai dua jam per hari.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar