Kebahagiaan Ibu Berperan Penting Dalam Keluarga

Kebahagiaan Ibu Berperan Penting Dalam Keluarga

Dra. Irna Minauli, M.Si (kanan)

(rzp/eal)

Selasa, 10 September 2019 | 17:00

Analisadaily (Medan) - Kebahagiaan ibu sangat berperan penting dalam keluarga. Hal ini karena perkembangan anak sangat berpengaruh pada pola pengasuhan dari ibu yang bahagia.

Pada akhirnya, hal itu akan mengarah kepada penurunan masalah pada anak dan meningkatkan performa anak secara kognitif.

Demikian disampaikan Dra. Irna Minauli, M.Si, psikolog yang juga dosen Fakultas Psikologi UMA, dalam Seminar Parenting dengan tema ‘Ibu Bahagia, Keluarga Bahagia’ yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan.

"Kenapa penting, karena berdasarkan penelitian, peningkatan kebahagiaan ibu akan meningkatkan keterampilan sosial anak dan menjauhkan anak dari masalah," kata Irna, Selasa (10/9).

Untuk menjadi bahagia, seorang ibu harus bisa menahan diri untuk tidak berpikir menjadi sempurna. Jika demikian, sering kali ibu-ibu turun tangan membantu anaknya dalam segala hal, akhirnya menghasilkan anak tidak mandiri.

Kemudian juga, jika ingin bahagia maka ibu harus bisa melupakan kekecewaan, kesedihan dan pengkhianatan dari masa lalu, dan juga selalu mengenali apa yang dibutuhkan dan diinginkan.

"Hal lainnya, bisa dengan menemukan keajaiban di setiap kekacauan, bersikap enjoy dan berhubungan positif," jelasnya.

Ketua DWP ATKP Medan, CT Erwani Suyatmo mengatakan, seminar ini diadakan untuk menambah ilmu bagi ibu-ibu anggota DWP dan karyawati di ATKP Medan.

Hal tersebut penting, karena ibu yang bahagia bisa menular hal positif kepada suaminya, yang sudah pasti akan berdampak kepada kinerja suami yang lebih baik lagi di kantor.

"Kita sebagai ibu dan istri, sudah seharusnya memberikan kebahagiaan dan kenyamanan kepada suami dan anak. Kita harus bahagia, dan akan menular. Akhirnya berdampak positif kepada kinerja suami di kantor dan anak di lingkungannya," tutur CT Erwani.

"Dan itu merupakan tugas seorang anggota Dharma Wanita, yang harus bisa mendukung suami dan anak dengan meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga untuk mencapai kesejahteraan nasional," sambungnya.

Seminar parenting ini dihadiri oleh anggota DWP ATKP Medan dan karyawati ATKP Medan yang berlangsung dengan antusias dari para peserta.

(rzp/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar