Kasus HIV Meningkat di Kalangan Orangtua

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Kasus HIV Meningkat di Kalangan Orangtua

llustrasi (Emaze)

Senin, 2 Oktober 2017 | 11:05

Analisadaily - Penyebaran virus HIV di kalangan orang tua terus meningkat dalam satu tahun terakhir.

Peneliti dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Eropa melihat adanya peningkatan diagnosis di 31 negara antara tahun 2014 dan 2015.

Mereka menemukan, tahun 2015 sekitar satu dari enam kasus HIV baru terjadi pada orang tua berusia di atas 50 tahun. Penelitian menunjukkan, 16 negara termasuk Inggris dan Jerman pernah mengalami peningkatan kasus HIV pada warganya yang berusia 50 tahun ke atas.

Orang tua lebih mungkin didiagnosis HIV dan lebih sulit diobati. Temuan ini menunjukkan, epidemi HIV berkembang ke arah yang baru. Dalam satu dekade terakhir, jumlah kasus HIV pada orang tua telah meningkat, sedangkan pada orang muda relatif stabil.

Belum diketahui mengapa lebih banyak orang tua yang terinfeksi. Namun penyebaran virus sebagian besar melalui hubungan seks heteroseksual.

Peneliti utama, Dr. Lara Tavoschi mengatakan, program pencegahan HIV yang komprehensif, termasuk pendidikan, akses mendapatkan kondom, kesempatan tes dan pengobatan yang lebih baik harus dilakukan dengan benar.

"Kita perlu membuat petugas layanan kesehatan dan masyarakat umum menyadari masalah ini untuk mengurangi stigma dan menginformasikan orang-orang tentang metode pencegahan HIV," kata Lara, dilansir dari BBC, Senin (2/10).

"Pencegahan infeksi pada semua kelompok usia sangat penting jika epidemi ingin dihentikan, dan kelompok usia yang lebih tua tidak boleh dianggap tidak penting," imbaunya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar