Kanker Payudara Bisa Kambuh Setelah 15 Tahun

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Kanker Payudara Bisa Kambuh Setelah 15 Tahun

Ilustrasi (BBC)

Senin, 13 November 2017 | 11:06

Analisadaily - Kanker payudara ternyata bisa kembali kambuh setelah 15 tahun pasien dinyatakan sembuh. Bahkan bagi wanita yang memiliki penyakit getah bening, peluang kembalinya kanker payudara meningkat hingga 40%.

Data yang dimuat New England Journal of Medicine menyebut, perpanjangan masa pengobatan dengan terapi hormon bisa mengurangi risiko kembalinya kanker. Sebab, kanker payudara dapat dipicu hormon estrogen yang merangsang sel kanker untuk tumbuh dan menyebar.

Peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, Dr. Hongchao Pan mengatakan, memperpanjang terapi hormon sampai 10 tahun lebih efektif dalam mencegah kambuhnya kanker payudara. Namun ada efek samping saat melakukan perawatan hormon, yakni bisa mempengaruhi kualitas hidup pasien.

"Efek samping termasuk gejala menopause, osteporosis, nyeri sendi dan sindroma carpal tunnel," kata Dr. Pan, dilansir dari BBC, Senin (13/11).

Ditambah Sally Greenbook dari badan amal Breast Cancer Now, penting bagi setiap wanita untuk mendiskusikan adanya perubahan dalam perawatan payudara dengan dokter mereka.

"Kami akan mendesak semua wanita yang menjalani perawatan kanker payudara agar tidak khawatir. Untuk memastikan adanya tanda-tanda kembalinya kanker payudara, pasien harus aktif berbicara dengan dokter," ujar Sally.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar