Jus Bawang, Cara Praktis Cegah Rambut Rontok

Penulis: Triansari Prahara

Jus Bawang, Cara Praktis Cegah Rambut Rontok

Jus Bawang (Berbagai Sumber)

Minggu, 21 Juni 2015 | 08:50

Analisadaily – Permasalahan rambut rontok akan selalu menghampiri siapa saja. Meskipun rata-rata manusia normalnya akan kehilangan 50-100 helai rambutnya per hari, hal ini bisa sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri tentunya. Ada banyak sekali perawatan alami yang bisa diterapkan untuk menjaga kekuatan rambut dan mengurangi jumlah kerontokan, termasuk jus bawang.

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa menerapkan jus bawang untuk rambut ternyata mampu mengendalikan kerontokan dan mencegah pertumbuhan uban prematur. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur dalam bawang yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen dalam jaringan rambut. Tak hanya itu, kandungan sulfur juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan jamur penyebab kerontokan.

Metode perawatan rambut rontok menggunakan jus bawang sangatlah sederhana. Anda mungkin hanya perlu blender untuk menghaluskan bawang dan menggunakan air perasan bawang untuk rambut Anda. Berikut cara lain yang bisa Anda terapkan seperti disarankan oleh situs kesehatan Myhealthtips.in:

1. Tambahkan Bawang di Setiap Resep

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan bawang sebagai salah satu bahan makanan Anda. Anda bisa memasukkannya dalam resep makanan Anda sehari-hari seperti, salad dan bawang goreng.

2. Air Bilasan Jus Bawang

Kekhawatiran paling utama saat menggunakan jus bawang sebagai obat rambut rontok adalah rasa perih dan iritasi pada mata akibat cairan bawang yang sifatnya pedas. Namun, hal itu bisa diatasi dengan merebus 4-5 irisan bawang ke dalam satu liter air selama 10 menit. Biarkan air rebusan mendingin dan saringlah campuran tersebut hingga bersih dari irisan bawang.

Selanjutnya, gunakan air rebusan bawang tersebut untuk keramas. Untuk hasil terbaik dan maksimal, jika Anda tak terlalu sensitif dengan bau bawang, Anda tak perlu langsung mencuci rambut menggunakan shampoo. Tunggulah sapai satu malam dan keesokan harinya Anda baru berkeramas untuk melemaskan rambut bekas bilasan jus bawang.

3. Ramuan Jus Bawang dan Rum

Jika Anda tidak tahan dengan bau bawang yang menyengat dan tak tertahankan, Anda bisa menggunakan metode ini. Caranya adalah cincang halus satu bawang berukuran sedang dan rendam hasil cincangan ke dalam segelas rum selama satu malam. Keesokan harinya, saringlah rendaman tersebut dan jangan lupa sisihkan sisa irisan bawang. Gunakan ramuan ini untuk memijat kulit kepala Anda atau gunakan setelah mencuci rambut sebagai air bilasan.

4. Jus Bawang-Madu

Anda dapat menggunakan obat ini dalam dua cara yang berbeda. Campurkan ¼ cangkir jus bawang dan satu sendok makan madu. Cara mengonsumsinya bisa diminum langsung atau dengan menerapkannya langsung pada rabut dengan melakukan pijatan lembut selama 15 menit setiap hari.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar