Jumlah Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari Menurut Ahli

Penulis: Reza Perdana

Jumlah Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari Menurut Ahli

(Pixabay)

Selasa, 23 Juli 2019 | 19:00

Analisadaily – Konsumsi cukup air setiap hari adalah sesuatu yang sering diabaikan. Meskipun ada pendapat umum delapan gelas air setiap hari optimal, tampaknya berlebihan bagi kebanyakan orang, dengan jumlah total mencapai hampir 2 liter.

Awal tahun ini, seperti dilansir dari Asia One, Selasa (23/7), para ahli mengungkapkan bahwa jumlah yang disebutkan secara umum tersebut menyesatkan.

"Kebutuhan cairan bervariasi di antara individu berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan bahkan di mana Anda tinggal," kata Jessica Fishman Levinson, pendiri perusahaan konseling nutrisi Nutritioulicious.

Faktor-faktor ini dapat mencakup aktivitas harian dan memengaruhi seberapa banyak air yang Anda butuhkan setiap hari. Secara umum, The Institute of Medicine merekomendasikan, wanita minum 2,7 liter air per hari, meskipun jumlah yang begitu besar tentu tidak wajib.

Faktanya, karena semua cairan diperhitungkan dalam asupan air harian, termasuk kadar air dari makanan yang Anda makan, kebanyakan orang selalu cukup menghidrasi diri mereka sendiri hanya dengan mengikuti rasa haus dan kelaparan alami mereka.

"Tubuh Anda menyerap air dalam makanan seperti halnya cairan," kata Levinson.

Makanan yang menenangkan biasanya termasuk sayuran dan buah-buahan yang berair, tetapi beberapa makanan dan minuman juga dapat meningkatkan jumlah air yang Anda butuhkan.

"Makanan dengan efek diuretik, seperti alkohol dan asparagus, dapat menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak air, sehingga Anda mungkin membutuhkan lebih banyak," tambah Levinson.

Makanan tinggi natrium atau asin juga menyebabkan haus, karena tubuh Anda menahan air. Tip umum untuk memantau asupan air yang sehat masih terbukti benar, seperti warna urin dan rasa haus alami.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencari tanda-tanda dehidrasi yang kurang jelas juga, seperti merasa sangat lapar, sakit kepala ringan, otot lemah atau sempit, dan bau mulut dari mulut kering.

Terkait dengan rasa lapar karena dehidrasi, orang sering makan berlebihan dengan mengemil ketika mereka tidak memiliki cukup air, sehingga penurunan berat badan selalu tetap terhidrasi.

Secara umum, lebih baik mengukur asupan air harian yang tepat sebagai dua liter cairan, karena air sudah ada dalam cairan tersebut.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar