Jenis Virus Ebola Terbaru Ditemukan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Jenis Virus Ebola Terbaru Ditemukan

Kelelawar sebarkan virus yang menyebabkan penyakit Ebola (Fox News)

Selasa, 28 Agustus 2018 | 14:46

Analisadaily - Ilmuwan menemukan spesies Virus Ebola terbaru. Jenis virus ini menjadi jenis keenam yang telah ditemukan. Disebut Virus Bombali. Virus dibawa oleh dua spesies kelelawar di Sierra Leone.

Virus Bombali bergabung dengan lima spesies virus Ebola yang sudah diketahui sebelumnya, yakni Virus Zaire, Virus Bundibugyo, Virus Sudan, Virus Hutan Taï, dan Virus Reston. Kecuali virus Reston, keseluruhan virus menyebabkan penyakit parah dan fatal pada manusia.

Wabah Ebola paling dahsyat dalam sejarah disebabkan oleh virus Zaire yang berlangsung dari 2013 hingga 2016 di Guinea, Sierra Leone, dan Liberia. Pada saat itu, lebih dari 28.000 orang terinfeksi Ebola dan 11.325 orang meninggal.

Wabah Ebola kembali terjadi pada awal Agustus di provinsi Kivu Utara, Republik Demokratik Kongo. Di sini, diketahui Ebola disebabkan oleh virus Zaire.

Dilansir dari Fox News, Selasa (28/8), sumber virus dari penyakit Ebola sejauh ini sangat rumit dijabarkan. Setelah empat dekade penelitian, virus baru ditemukan tahun 1976.

"Jika Anda ingin mencegah wabah Ebola, penting untuk mengetahui spesies mana yang menjadi penghuni dan dapat menyebarkan virus," kata Tracey Goldstein, peneliti dan direktur asosiasi dari One Health Institute di University of California.

Ketika tim mengurutkan genome dari virus Ebola yang ada pada kelelawar, para peneliti menemukan virus cukup berbeda dari virus Ebola yang diidentifikasi sebelumnya. Para peneliti menamai spesies baru tersebut berdasarkan lokasi penemuan, yaitu di wilayah Bombali, Sierra Leone.

Belum diketahui apakah Virus Bombali sama seperti Virus Reston, yang tidak menyebabkan penyakit pada manusia, atau Virus Zaire, yang menyebabkan penyakit parah.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar