Jenis Rambut Tidak Diturunkan dari Orangtua

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Jenis Rambut Tidak Diturunkan dari Orangtua

Rambut (AARP)

Sabtu, 9 Desember 2017 | 13:22

Analisadaily - Dari semua mitos tentang rambut yang beredar di masyarakat, menyebutkan jenis dan kualitas rambut kita diturunkan dari rambut orangtua. Ini gagasan yang salah.

Pertama-tama, ada banyak gen yang mempengaruhi kualitas rambut. Dr. Christopher Cunniff, ahli genetika klinis di Weill Cornell Medicine dan Rumah Sakit NewYork-Presbyterian menjelaskan, tidak ada satu gen khusus untuk rambut.

"Tidak ada satu gen untuk rambut hitam dan satu gen untuk rambut pirang, satu gen untuk rambut bergelombang dan satu gen untuk rambut lurus. Kebenarannya, ada banyak gen, mungkin puluhan, yang mempengaruhi semua ciri dan kualitas rambut," kata Dr. Cunniff.

Berarti, tidak adil menyalahkan satu orang untuk jenis rambut. Ciri rambut Anda bisa saja berasal dari ayah atau ibu Anda, namun kemungkinan tidak hanya sebatas itu.

"Ini lebih kompleks dari itu," lanjut Cunniff, seperti dilansir dari Huffington Post, Sabtu (9/12).

"Ini benar-benar berkaitan dengan bagaimana penggabungan beberapa gen. Meski setiap orang adalah kombinasi dari masing-masing orang tua kita, gen reseptor androgen adalah gen X yang terkait. Kehilangan rambut secara genetik bersifat poligenik dan ekspresifitasnya sangat bervariasi, sehingga banyak faktor yang berkontribusi."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar