Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Part III)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Part III)

Biji Chia bisa menjadi makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh (Huffington Post)

Jumat, 16 Maret 2018 | 14:13

Analisadaily - Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh terhadap penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Pentingnya kekebalan tubuh membuat setiap manusia harus menjaga makanannya. Sebab, dari makanan, sistem kekebalan tubuh dapat diperoleh dengan baik. Beberapa makanan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun adalah:

Kelor

Dikenal sebagai Tree Of Life, makanan super ini mengandung tujuh kali vitamin C dibandingkan Jeruk. Tidak hanya Vitamin C, kaya akan vitamin, mineral, dan protein lainnya. Daun kelor meringankan alergi, gangguan lambung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi hati sebagai antioksidan.

Daun kelor memiliki banyak fungsi karena mengandung anti jamur, anti bakteri, dan anti-inflamasi, pun  dikenal sebagai anti-depresan. Daun kelor bisa dijadikan teh, atau digiling menjadi bubuk.

Minyak Oregano

Daun oregano biasanya dikenal sebagai bahan masakan. Selain daunnya, minyak Oregano baik digunakan dalam melawan flu.

"Minyak Oregano membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal bakteri, jamur dan virus yang menyerang tubuh," kata seorang sumber, seperti dilansir dari Huffington Post, Jumat (16/3).

Biji Chia

Biji chia tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat sejak tahun 80-an. Biji chia yang dikenal sebagai makanan dengan segudang manfaat, salah satunya memiliki senyawa antiinflamasi yang sangat penting untuk rambut, kulit, dan kuku.

Biji Chia juga mampu menangkal antigen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh lebih baik dalam menangkalnya. Pastinya, tinggi protein dan lemak, dan kaya akan mineral.

Hampir 20 persen kebutuhan kalsium harian untuk wanita di bawah usia 50 tahun dapat diperoleh dari Biji chia. Biji chia pun sangat mudah dikelola. Mulai dari pudding, hingga bubur.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar