Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Part I)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Part I)

Kunyit menjadi salah satu sumber makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh (Huffington Post)

Kamis, 15 Maret 2018 | 14:21

Analisadaily - Makanan sebagai sumber tenaga. Tentunya, makanan yang bergizi. Beberapa jenis makanan bahkan mampu memberikan efek lebih untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa jenisnya adalah:

Kunyit

Kunyit populer dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina. Akar kunyit diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, serta membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Curcumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit, mengurangi peradangan dan oksidasi, yang penting dalam penyakit jantung. Kunyit juga dapat dicampur dengan kurma, kelapa dan rempah-rempah lainnya untuk menjadikannya obat batuk, sakit tenggorokan, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Ashwagandha

Ashwagandha mampu meningkatkan stamina, menenangkan pikiran, peremajaan, membantu tidur, serta mengurangi iritabilitas, dan melindungi tubuh dari stres.

Penelitian menunjukkan, makanan jenis ini baik pula untuk meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh.

Secara tradisional, Ashwagandha telah diresepkan sebagai tonik saraf dan adaptogen. Ashwagandha dapat pula diramu menjadi smoothies, atau dicampur bersama kopi, dan teh.

Coklat mentah

Tidak seperti cokelat konvensional, cokelat mentah mengandung antioksidan 20 kali lebih banyak dari blueberry. Makanan super ini mengandung zat besi, magnesium, dan kalsium yang tinggi, dan dikenal sebagai sumber serotonin yang hebat.

Klorella

Klorella memiliki khasiat detoksifikasi yang signifikan dan mendukung fungsi hati, juga ginjal, serta membantu pencernaan dan membersihkan kulit.

Namun perlu dicatat, ada perdebatan di antara peneliti seputar keamanan elemen detoksifikasi, karena hal itu mungkin tidak benar-benar menghilangkan logam berat tubuh. Klorella kaya akan vitamin B12 yang aktif untuk meningkatkan mood dan energi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar