Jenis-jenis Alergi Aneh dan Cara Mengatasinya (Part I)

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Jenis-jenis Alergi Aneh dan Cara Mengatasinya (Part I)

Ilustrasi (lady Meet Tru)

Jumat, 10 Februari 2017 | 08:34

Analisadaily - Alergi paling umum terjadi pada seseorang adalah alergi debu, seafood, atau alergi obat. Beberapa alergi yang jarang dijumpai dan terdengar sedikit aneh bisa saja terjadi pada seseorang. Misal alergi cuaca dingin, alergi pakaian dalam, atau bahkan alergi terhadap air.

Alergi-alergi yang tidak biasa ini tetap harus mendapat penanganan. Beberapa alergi yang tidak biasa dan bagaimana cara penangannya:

1. Cuaca dingin

Dr. Mainardi dari Hudson Allergy in New York City mengatakan, alergi ini merupakan jenis urtikaria fisik, yang membuat kulit gatal-gatal. Gatal-gatal disebabkan oleh pelepasan histamine. Padahal pada umumnya, orang-orang pada cuaca dingin justru menyerap antihistamin.

Biasanya histamin dilepaskan oleh protein dari pohon. Tapi dalam kasus cuaca dingin, histamin dilepaskan lebih banyak. Dr. Mainardi mengatakan, tangan biasanya bagian tubuh yang paling rentan terhadap alergi ini. Untuk mengobati alergi cuaca dingin, Mainardi merekomendasikan mengonsumsi pil antihistamin.

2. Olahraga

"Alergi terhadap olahraga bisa berbahaya dan menakutkan," kata Dr. Mainardi, seperti dilansir dari Fox News, Jumat (10/2).

Hal ini biasanya mempengaruhi orang usia 15 sampai 45 tahun. Selama olahraga seseorang dapat merasakan kehangatan, kemudian saat istirahat dapat merasakan anafilaksis. Alergi terhadap olahraga biasanya dipengaruhi makanan tertentu. Misalnya saja mengonsumsi kerang sebelum berolahraga.

"Siapa saja yang memiliki ini harus sangat berhati-hati melakukan aktivitas berat. Resep obat dari dokter dan merencanakan kegiatan sehari-hari sangat penting," kata Mainardi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar