Jangan Terlalu Sering Buang Air Kecil

Penulis: Eka Azwin Lubis

Jangan Terlalu Sering Buang Air Kecil

Atur waktu buang air kecil Anda (Berbagai Sumber)

Selasa, 27 Januari 2015 | 16:32

Analisadaily - Kita sering kali mendengar himbauan bahwa jangan pernah menahan-nahan buang air kecil, karena itu akan memiliki dampak berbahaya. Namun sebuah penelitian di Inggris justru menganjurkan kepada manusia supaya tidak terlalu sering membuang air kecil.

BACA JUGA : Krim Anti Jerawat yang Bisa Menyebabkan Infeksi Kulit

Menurut ahli konsultan Urologi dari Rumah Sakit Priory BMI Birmingham, Zaki Almallah, jika manusia segera membuang air kecil meskipun dia baru saja pergi ke toilet untuk membuang air kecil, maka hal itu akan melatih kandung kemih menjadi lebih sensitif.

Kandung kemih yang terisi cairan air seni akan mengirim sinyal saraf ke otak, sehingga ketika kandung kemih telah penuh, akan lebih sering mengirimkan sinyal.

Namun, jika Anda selalu mengosongkan cairan di dalam kandung kemih dengan membuang air kecil secara teratur, maka saraf akan terbiasa segera mengirim sinyal ke otak, meskipun kandung kemih belum penuh.

"Banyak masalah kandung kemih berasal dari kebiasaan masa lalu, mengosongkan kandung kemih Anda terlalu sering, akan membuat pengiriman sinyal ke otak Anda lebih cepat. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan kandung kemih yang terlalu aktif," ungkap Almallah, yang dilansir dari Daily Mail. (Eka)

 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar