Jangan Konsumsi Alkohol dan Antibiotik Bersamaan

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Jangan Konsumsi Alkohol dan Antibiotik Bersamaan

Antibiotik (Fox News)

Rabu, 6 Desember 2017 | 13:24

Analisadaily - Ada banyak alasan orang mengonsumsi antibiotik. Bisa jadi ingin mengurangi infeksi sinus, atau penyakit lainnya. Ada banyak alasan pula mengapa orang sering mengonsumsi alkohol. Antibiotik dan alkohol merupakan hal terburuk jika disatukan.

Apa pun alasannya, Anda tidak dapat mengonsumsi alkohol dann antibiotik secara bersamaan. Louise M. Dembry, MD, profesor kedokteran, penyakit menular, dan epidemiologi di Yale University School of Medicine dan School of Public Health, mengatakan, minum alkohol dan antibiotik secara bersamaan tidak akan mengurangi rasa sakit.

Justru memperburuk keadaan karena mengakibatkan efek samping, seperti sakit perut, diare, mual, dan mengantuk. Diketahui dari Fox News, Rabu (06/12), lebih buruknya, keduanya dapat memperburuk keadaan hati.

"Beberapa antibiotik bisa membahayakan hati. Toksisitas pada sel hati dapat menyebabkan kematian sel hati, bahkan mempengaruhi keseluruhan fungsi hati sehingga tidak sesuai dengan fungsinya lagi,” kata Dembry.

"Jika Anda menggunakan antibiotik, itu karena Anda terinfeksi. Sebaiknya hindari antibiotik sebisa mungkin karena dapat mempengaruhi kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dan mengatasi infeksi,” lanjutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar