Jangan Abaikan Resep Obat Setelah Alami Serangan Jantung

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Jangan Abaikan Resep Obat Setelah Alami Serangan Jantung

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 25 Agustus 2016 | 08:26

Analisadaily - Setelah mengalami serangan jantung akibat penyumbatan arteri, banyak pasien yang tidak konsisten, bahkan mengabaikan resep obat yang diberikan dokter.

Padahal, mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter mampu mengurangi potensi kematian akibat serangan jantung susulan.

Obat berguna untuk memulihkan aliran darah. Setelah serangan jantung, obat juga bisa mencegah seseorang mengalami stroke karena aliran darah menjadi lebih lancar.

Untuk penelitian ini, Dr. Valentin dari Fuster Mountain Sinai Heart di New York dan timnya memeriksa sebanyak 4.015 pasien serangan jantung dan 12.976 pasien rawat inap dengan keluhan penyumbatan arteri.

"Obat efektif mencegah stroke, kematian dan serangan jantung berkelanjutan. Tetapi, banyak pasien yang tidak menggunakan obat," kata seorang peneliti di Rush University Medical Center, Chicago, Dr. Marie Brown, dilansit dari FoxNews, Kamis (25/8).

Dari seluruh pasien, setidaknya mereka diminta mengonsumsi obat sebanyak satu jenis untuk membersihkan arteri yang tersumbat. Misalnya pil penurun kolesterol yang dikenal sebagai statin. Pil ini dapat menghentikan penyumbatan pembuluh darah.

Ada juga obat yang dikenal sebagai inhibitor ACE yang berfungsi memperlebar pembuluh darah dan membuat jantung lebih mudah memompa darah. Dalam dua tahun setelah serangan jantung, pasien yang mengonsumsi obat 27% lebih mungkin terhindar dari penyakit lainnya, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar