Jamur Psilocybin Bisa 'Me-reset' Otak

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Jamur Psilocybin Bisa 'Me-reset' Otak

Jamur (BBC)

Selasa, 17 Oktober 2017 | 11:21

Analisadaily - Senyawa psikoaktif yang ditemukan di ‘jamur ajaib’ dapat mengatur ulang otak atau me-reset otak seseorang yang sedang mengalami depresi.

Dikenal juga dengan jamur Psilocybin. Kandungan psilocybin psychedelic bisa membuat perubahan aktivitas pada otak. Setidaknya, 19 pasien telah mendapatkan penelitian tentang penggunaan jamur ini.

Setengah dari pasien mengalami depresi. Setelah mengonsumsi jamur, otak mereka mengalami perubahan selama lima minggu setelah mengonsumsi jamur.

Tim di Imperial College London mengatakan, psilocybin dapat berperan sebagai pelumas untuk pikiran yang memungkinkan orang melepaskan diri dari siklus gejala depresi. Dilaporkan dari BBC, Selasa (17/10), psilocybin mempengaruhi dua area utama otak.

Bagian Amigdala memproses emosi, seperti ketakutan dan kecemasan, menjadi kurang aktif. Kemudian bagian jaringan default, yakni bagian berbagai wilayah otak menjadi lebih stabil setelah mengonsumsi psilocybin.

Selanjutnya, penelitian yang lebih besar masih diperlukan sebelum psilocybin dapat diterima sebagai pengobatan untuk depresi.Prof Mitul Mehta, dari Institute of Psychiatry di King's College London, mengatakan, temuan ini membuat dia terkesan.

"Ini memberikan alasan yang jelas untuk melihat mekanisme jangka panjang dalam penelitian terkontrol,” katanya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar