Jamur Blastomyces Bisa Menginfeksi Kulit

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Jamur Blastomyces Bisa Menginfeksi Kulit

Jamur Blastomyces (Microbiologi)

Rabu, 6 Desember 2017 | 11:26

Analisadaily - Seorang pekerja konstruksi berusia 23 tahun menggunakan pisau woodworking untuk mengeluarkan jerawat dari kulit. Tindakan yang dilakukannya justru berakibat fatal karena pisau kayu membuat kulitnya terinfeksi jamur Blastomyces.

Dokter mengatakan, jamur Blastomyces langsung menginfeksi kulit dari spora. Dilaporkan dari Fox News, Rabu (06/12), Jamur Blastomyces biasanya hidup di tanah yang lembab dan pada pembusukan kayu atau daun.

Orang-orang biasanya terinfeksi Blastomyces menyebabkan infeksi yang disebut blastomycosis karena menghirup spora jamur, bukan melalui luka pada kulit. Menghirup spora menyebabkan infeksi paru yang disebut blastomycosis paru primer.

Infeksi jamur menyebabkan gejala seperti flu, termasuk demam, batuk dan nyeri otot. Dari paru-paru, infeksi bisa menyebar ke organ lain, yang paling umum adalah kulit, dimana jamur menyebabkan kulit seperti berkerak. Tapi, dalam kasus ini, si pria mengalami flu.

Dr. Barry Ladizinski, seorang dermatologi di Rumah Sakit John H. Stroger Jr. di Cook County, Chicago, menjelaskan, infeksi terjadi karena pisau pengrajin yang digunakan pria tersebut kemungkinan bersentuhan dengan tanah yang mengandung Blastomycesspores.

Si pria yang tak disebutkan namanya tersebut diberi obat antijamur untuk mengobati infeksi. Kulitnya sembuh setelah dua minggu mengonsumsi obat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar