Jaga Kesehatan Melalui Empat Pilar Pola Hidup Sehat

Jaga Kesehatan Melalui Empat Pilar Pola Hidup Sehat

dr. Lula Kamal, M.Sc.

(rel/rzd)

Jumat, 7 September 2018 | 14:48

Analisadaily (Medan) - Saat ini banyak masyarakat di usia muda mengalami penyakit kritis. Jika dahulu penyakit kritis dialami oleh masyarakat yang semakin tua umurny, tetapi belakangan ini tidak.

dr. Lula Kamal, M.Sc. yang merupakan seorang dokter, aktris dan pembawa acara mengatakan, penyakit kritis seperti serangan jantung tidak selamanya menyebabkan kematian. Namun penderitanya saat ini banyak di umur 20-an tahun.

“Faktornya tidak lain karena pola hidup yang tidak sehat. Sekarang begini, olesterol tidak hanya menyerang orang gemuk, orang kurus dengan gaya makan yang salah, sama saja sebetulnya. Sekarang tidak bisa dibilang umur pegang peranan. Pola hidup pegang peranan pertama,” katanya, Jumat (7/9).

Lula Kamal, sapaan akrabnya, menyebut, ada empat pilar pola hidup sehat. Pertama pola makan, kedua istirahat cukup, ketiga olahraga, dan yang keempat adalah menjaga pikiran agar tidak stres.

“Kalau manajemen stres kurang baik, olahraganya ok, pola makan tidak baik, tidur kurang, masih muda gampang terserang penyakit,” ujarnya.

Diungkapkannya, jika berbicara empat pilar pola hidup sehat, yang sering kelupaan sama orang muda adalah stres dan istirahat. Karena banyak sekarang orang yang istirahat sangat sedikit waktunya, dan stres tidak pernah dipikirkan jadi permasalahan.

“Tapi ternyata, stres adalah masalah utama. Stres itu meningkatkan gula darah, meningkatkan hipertensi, banyak, dan menurunkan daya tahan tubuh. Jadi kita lebih gampang sakit kalau dalam keadaan stres,” ucapnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar