Jaga Kesehatan Jantung Dengan Senam Rutin

Jaga Kesehatan Jantung Dengan Senam Rutin

Senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (8/4)

(aa/eal)

Minggu, 8 April 2018 | 16:13

Analisadaily (Medan) - Antusiasme masyarakat mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan semakin tinggi. Pada pekan kedua April, jumlah warga yang mengikuti senam hasil kerjasama Pemerintah Kota (Pemko) Medan dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara terus bertambah.

Sejak digelorakan Ketua YJI Cabang Utama Sumut, Rita Maharani Dzulmi Eldin, banyak warga terutama paruh baya yang tertarik mengikuti kegiatan itu. Sebab, senam yang berdurasi tak sampai satu jam ini menampilkan gerakan yang selalu mengutamakan kemampuan jantung, otot besar serta kelenturan sendi.

Gerakan itu menyebabkan oksigen banyak masuk dalam tubuh. Dampaknya selain meningkatnya perasaan sehat, juga kemampuan untuk mengatasi stress. Di samping itu meningkatkan kadar HDL-(kolesterol baik) dan menurunnya kadar LDL-C (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

"Manfaat lainnya dari gerakan senam jantung sehat, tekanan darah ikut menurun, berkurangnya obesitas serta berkurangnya frekuensi denyut jantung ketika kita istirahat. Jadi senam jantung sehat ini benar-benar bermanfaat. Jadi marilah kita rutin mengikuti kegiatan ini," kata Kadispora Kota Medan, Marah Husin Lubis, Minggu (8/4).

Selain senam jantung sehat, Husin mengatakan, Pemko Medan juga menyediakan peralatan berolahraga di pinggiran lapangan sehingga bisa dipergunakan secara bergantian untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Di samping itu bagi warga yang datang membawa anak-anak, fasilitas bermain pun telah disediakan.

Senam aerobik di Jalan Pulau Pinang, Minggu (8/4)

Senam aerobik di Jalan Pulau Pinang, Minggu (8/4)

Dispora Medan juga menggelar senam aerobik yang dipusatkan di Jalan Pulau Pinang. Sedangkan di seputaran Jalan Bukit Barisan, Satlantas Polrestabes Medan memberikan kesempatan bagi warga untuk berlatih tes mengemudi, baik sepeda motor maupun mobil yang merupakan salah satu persyaratan utama mendapatkan SIM.

Sejumlah komunitas yang ada seperti sepeda ontel, BMX, sepatu roda maupun masyarakat yang melakukan joging menambah kemeriahan di seputaran titik 0 Kota Medan tersebut.

"Hanya saja kita selalu menyampaikan pesan agar warga yang melakukan aktivitas di Lapangan Merdeka supaya senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tentunya olahraga yang kita lakukan semakin baik dengan kebersihan yang selalu terjaga," tukas Husin.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar