IUD Cocok Untuk Wanita Diabetes

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

IUD Cocok Untuk Wanita Diabetes

IUD (Fox News)

Rabu, 7 Desember 2016 | 08:47

Analisadaily - Intrauterine Device (IUD) dan implan kontrasepsi yang ditempatkan di bawah kulit dinilai lebih efektif untuk wanita penderita diabetes. Sebab, implan ini terkait dengan risiko terendah pembekuan darah pada wanita.

Kontrasepsi hormonal pada umumnya dapat meningkatkan risiko pembekuan pada wanita diabetes yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Sementara itu, banyak kontrasepsi menggunakan kombinasi dua hormon, estrogen dan progestin.

Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan, wanita dengan risiko tromboemboli sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang hanya mengandung progestin. Dr. Eleanor Bimla Schwarz dari University of California, mengatakan, hanya 28 persen wanita menggunakan kontrasepsi hormonal, dan kebanyakan dari mereka memilih pil yang mengandung estrogen. Hanya 4 persen yang menggunakan progestin yang salah satunya kontrasepsi.

"Dalam beberapa hal, itu sebuah temuan yang nyaman, karena IUD dan implan adalah bentuk paling efektif dari alat kontrasepsi," kata Schwarz, seperti laporan dari Fox News, Rabu (7/12).

"Untuk wanita dengan kondisi medis yang kronis di mana ia mendapatkan hasil obstetrik terburuk termasuk risiko anomali janin, bahkan lebih penting mendapatkan kontrasepsi yang sangat efektif," kata Dr. Natalie Whaley, seorang dokter kandungan di University of Rochester Medical Center, New York.

Wanita penderita diabetes perlu waktu untuk hamil dengan sejumlah alasan, termasuk pengontrolan kadar gula darah yang bisa mengurangi risiko anomali keguguran dan janin.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar