Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Kekurangan Air

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Kekurangan Air

Ilustrasi (Huffingtonpost)

Selasa, 1 Mei 2018 | 11:16

Analisadaily - Ketika kita mengalami dehidrasi, atau ketika terjadi penurunan tingkat energi, maka akan berpengaruh pada otak. Disebutkan, otak dapat menyusut saat kita mengalami hal di atas, ditambah lagi jika kekurangan air.

Sebuah penelitian pada remaja yang dilakukan oleh Center for Neuroimaging Sciences di London menemukan, ketika manusia mengalami dehidrasi, otak mereka harus bekerja lebih keras daripada biasanya.

Penurunan asupan air yang berkepanjangan dapat berdampak negatif terhadap fungsi eksekutif otak, seperti perencanaan dan pemrosesan visual-spasial.

"Otak sangat sensitif terhadap perubahan kecil dalam jumlah ion, seperti natrium dan kalium yang ditemukan dalam cairan tubuh," kata ilmuwan dan peneliti, Harris Lieberman.

"Dalam keadaan seperti ini, jangan pula mengonsumsi kopi atau minuman berenergi. Air putih adalah satu-satunya yang dibutuhkan otak," kata Tony Marchesini, direktur pelaksana H2O International SA, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Selasa (1/5).

Enam hingga delapan gelas air per hari direkomendasikan bagi setiap orang. Tidak hanya air putih, air untuk tubuh juga bisa diperoleh dari sayur dan buah.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar