Ini Cara Membuat Sunscreen Alami

Penulis: Nancy Simangunsong | Editor: Lely Novita

Ini Cara Membuat Sunscreen Alami

Ilustrasi (Bold Sky)

Jumat, 15 Januari 2016 | 10:41

Analisadaily - Tabir surya atau yang biasa kita kenal dengan sunscreen merupakan salah satu bagian penting dari rejimen perawatan kulit. Seseorang yang tidak menggunakan sunscreen memiliki risiko lebih tinggi mengalami keriput, serta garis halus pada wajah.

Paparan sinar matahari langsung juga dapat mengakibatkan kulit menjadi gelap. Sayangnya, kebanyakan sunscreen yang dijual di pasaran mengandung banyak bahan kimia yang dapat memberikan efek tidak baik bagi kesehatan kulit.

Namun, ada beberapa bahan alami yang ternyata mengandung perlindungan dari sinar matahari (SPF) yang natural, seperti mentega yang memiliki kandungan SPF 6, minyak kelapa dengan SPF 10, minyak alpukat mengandung SPF 8, dan minyak biji wortel yang mengandung SPF 40.

Berikut adalah cara membuat bahan-bahan alami ini menjadi sunscreen, seperti dilansir dari Bold Sky, Jumat (15/1):

1.Sunscreen Minyak Kelapa

Siapkan ½ cangkir minyak kelapa, 15 tetes minyak esensial myrrh, dan 7 tetes minyak esensial biji wortel. Gabungkan seluruh bahan menjadi satu bagian dalam sebuah wadah botol. Kocok semua bahan hingga tercampur rata, tabir surya ini siap digunakan.

2.Sunscreen Tahan Air

Siapkan ¼ cangkir minyak alpukat, ¼ cangkir minyak kelapa, ¼ cangkir butter, ¼ cangkir lilin lebah (beeswax), 10 tetes minyak esensial myrrh, 15 tetes minyak esensial biji wortel, dan 2 sendok makan seng oksida.

Setelah itu, lelehkan minyak kepala beserta lilin lebah dan butter pada suhu panas rendah, kemudian campurkan semua bahan, aduk rata sampai berbentuk pasta kuning, simpan dalam wadah tertutup, sunscreen ini siap digunakan.

3.Sunscreen Lidah Buaya

Siapkan 1 cangkir air jus lidah buaya, ¼ cangkir minyak alpukat, 15 tetes minya esensial biji wortel dan 10 tetes minyak esensial myrrh. Kemudian campurkan semua bahan dalam sebuah wadah botol, kocok semua bahan agar tercampur dengan baik, lalu terapkan pada kulit Anda.

4.Sunscreen Shea Butter

Untuk Anda yang terbiasa menggunakan sunscreen dengan tekstur krim, Anda membutuhkan ½ cangkir shea butter, 1/3 cangkir minyak kelapa, 15 tetes minyak esensial biji wortel, dan 2 sendok makan seng oksida.  Panaskan semua bahan dalam api kecil, aduk rata sampai menjadi pasta. Sunscreen ini siap digunakan

Namun, Jika Anda memiliki masalah pada kulit seperti pecah-pecah, tergores, dan masalah lainnya Anda disarankan untuk tidak menambahkan seng oksida pada sunscreen Anda.

Selamat Mencoba!

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar