Ini Batas Normal Rambut Rontok

Penulis: Ria Situmorang | Editor: James P Pardede

Ini Batas Normal Rambut Rontok

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Senin, 5 Oktober 2015 | 18:12

“Faktanya rata-rata orang akan kehilangan 60-100 helai rambut per harinya,”

Anabel Kingsley

 

Analisadaily – Jika anda merasa rambut anda rontok setiap hari. Jangan khawatir, anda tidak sendiri. Banyak wanita di luaran sana yang meninggalkan beberapa helai rambutnya di meja rias dan kamar mandi. Namun sebenarnya hal itu lumrah dan normal.

“Faktanya rata-rata orang akan kehilangan 60-100 helai rambut per harinya,” kata Anabel Kingsley, seorang trichologist asal Amerika seperti yang dilansir dari laman Yahoo News (8/9).

Ketika rambut yang rontok lebih banyak dibandingkan rata-rata kerontokan rambut pada umunya maka hal tersebut yang bisa menyebabkan beberapa masalah seperti halnya kebotakan. Namun pada dasarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut terjadi melebihi biasanya.

Karena rambut adalah jaringan non-esensial, maka ia sangat sensitif jika anda sedang mengalami terhadap stres. Namun jangan khawatir, sistem tersebut akan pulih kembali. Rambut anda akan berhenti mengalami kerontokan dengan sendirinya dan akan tumbuh kembali seperti biasa.

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut. Batasi kebiasaan anda tersebut dengan hanya mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu. Karena kebanyakan rambut rontok saat sedang mencuci rambut.

Pewarnaan rambut, pelurusan dan pengeritingan rambut juga berpengaruh pada kerontokan. Kegiatan seperti ini akan berdampak pada struktur protein rambut yang rusak namun tidak akan berefek pada pertumbuhan rambut.

Anda patutnya khawatir pada kerontokan yang terjadi pada rambut anda saat rambut mengalami kerontokan lebih dari tiga bulan. Kerontokan rambut kronis bisa jadi menandakan penyakit internal. Contohnya seperti kekurangan zat besi, vitamin D, dan vitamin B12.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar