Ingin Kurangi Lemak? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

Penulis: Reza Perdana

Ingin Kurangi Lemak? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

(Asia One/Pexels)

Selasa, 8 Oktober 2019 | 14:19

Analisadaily – Berbagai informasi menyebut, menurunkan berat badan bukan hanya tentang mengurangi asupan kalori, tetapi juga berolahraga secara teratur. Tetapi jarang kita diingatkan, tidur tepat waktu dan cukup istirahat dapat mencegah dari obesitas.

Peningkatan berat badan akibat kurang tidur dapat terjadi, kejernihan mental berkurang, yang kemudian memengaruhi kemampuan untuk menilai. Ini berarti lebih mungkin bagi Anda untuk menyerah pada makanan berlemak dan manis atau makan berlebihan.

Dilansir dari Asia One, Selasa (8/10), berikut cara sebelum tidur untuk membantu Anda membakar lemak perut:

1. Suhu Ruangan yang Dingin

Tidak semua lemak buruk. Bahkan, Anda bahkan mungkin menginginkan lemak tertentu untuk membantu menurunkan berat badan. Lemak cokelat, juga dikenal sebagai brown adipose tissue (BAT), adalah lemak dalam tubuh yang menggunakan energi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Lemak ini dapat diaktifkan oleh suhu dingin sebagai jaket pemanas internal untuk menghasilkan lebih banyak sel lemak cokelat dan membakar kalori, sehingga tidur di ruangan dingin sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan beberapa kilo dan membuat Anda lebih sehat!

Memiliki lebih banyak lemak cokelat juga berarti kurang memiliki jaringan adiposa putih (WAT), yang disebut lemak putih. Lemak putih menyimpan energi dari makanan yang Anda makan. Lemak perut, misalnya, adalah lemak putih, dan lemak yang paling ingin Anda kurangi.

Tidur pada suhu yang lebih rendah mengubah lemak cokelat menjadi lemak putih, yang dapat menghasilkan manfaat metabolisme yang baik dari waktu ke waktu, seperti sensitivitas insulin yang lebih baik dan lebih sedikit asam lemak dan trigliserida.

2. Ruangan Gelap

Tentu saja kebanyakan dari kita tidur dalam kegelapan, tetapi yang kita maksudkan adalah kegelapan total dan absolut. Ini bahkan bisa berarti mematikan lampu, seperti meletakkan tirai Anda untuk menghalangi lampu dari jendela Anda.

Ini agar Anda dapat membantu tubuh Anda menghasilkan melatonin, hormon yang mendorong tidur lebih efisien, yang merupakan proses yang terjadi saat matahari terbenam. Penelitian telah menunjukkan, produksi melatonin sensitif terhadap cahaya, dan bahkan sedikit paparan dalam waktu singkat dapat menghambat produksinya.

Ini adalah masalah karena melatonin memengaruhi metabolisme Anda, khususnya dalam proses mengubah lemak cokelat menjadi lemak putih. Dengan demikian, mengurangi paparan cahaya baik dari dalam maupun luar ruangan dapat benar-benar mendukung jika tidak menguntungkan rezim penurunan berat badan Anda.

3. Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Anda mungkin pernah mendengar yang ini sebelumnya, tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda sebenarnya bisa minum teh hijau di malam hari. Mungkin kelihatannya berlawanan dengan intuisi untuk meminum ini sebelum tidur ketika mengandung kafein, tetapi teh hijau mungkin sebenarnya lebih ramah terhadap tidur daripada yang Anda kira, dan ini jelas ramah diet.

Teh hijau mengandung banyak senyawa yang dapat membantu Anda membakar lemak. Salah satu antioksidan tersebut adalah epigallocatechin gallate (ECGC), yang dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Senyawa ini bahkan dapat bekerja bahu-membahu dengan kafein, yang juga merangsang penurunan berat badan dengan lemak cokelat. Sementara kafein membuat Anda tetap sehat, kafein dalam teh hijau hanya ada pada sepertiga kafein dalam secangkir kopi.

Beberapa bahkan mungkin mengatakan bahwa theanine dalam teh hijau, hormon yang mengurangi stres dan meningkatkan tidur, melawan promosi terjaga kesadaran pada kafein. Jadi jika Anda tidak terlalu sensitif terhadap kafein, Anda mungkin senang melakukannya.

4. Matikan Ponsel

Menurut para peneliti, anak-anak dengan satu atau lebih perangkat elektronik di kamar tidur lebih cenderung kelebihan berat badan. Bahkan, mereka 1,47 kali lebih mungkin, dan 2,57 lebih mungkin untuk anak-anak dengan tiga perangkat.

Ini terkait dengan aktivitas fisik dan pilihan diet yang lebih baik karena kurang tidur agar tidak terganggu. Tubuh sering mencoba untuk menebus kekurangan tidur dengan makan berlebihan ketika hormon kelaparan, ghrelin, meningkat.

Pengurangan energi juga berarti Anda kurang berkomitmen pada tugas fisik, mulai dari memukul gym hingga aktivitas sehari-hari seperti membersihkan. Seolah itu tidak cukup, kenaikan berat badan mungkin juga disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone.

Cahaya biru menghambat produksi melatonin, seperti halnya cahaya kamar tidur Anda atau dari luar ruangan. Jadi mungkin menguntungkan Anda untuk menjauhkan barang elektronik tersebut sebelum tidur.

5. Tidur Lebih Awal

Seperti semua proses tubuh lainnya, Anda membakar kalori saat Anda tidur, bahkan jika Anda merasa tidak melakukan apa-apa. Faktanya, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori saat Anda tidur nyenyak daripada saat Anda berbaring di tempat tidur.

Bagian yang paling menakjubkan adalah semakin baik Anda tidur, dan semakin lama Anda tidur, semakin banyak kalori yang terbakar! Ini karena tidur nyenyak, juga dikenal sebagai tahap tidur Rapid Eye Movement (REM), adalah saat otak Anda paling aktif.

Ketika otak Anda menggunakan energi ini, tubuh Anda terus menerus menghasilkan glukosa untuk memicu aktivitas ini, bahkan ketika Anda sedang tidur. Rata-rata, seseorang dengan berat 52kg akan kehilangan sekitar 42 kalori per jam tidur.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar