Infografik: Yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum 1 Kaleng Soda

Penulis: Lely Novita

Infografik: Yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum 1 Kaleng Soda

Ilustrasi: Minuman Bersoda (Berbagai Sumber)

Selasa, 4 Agustus 2015 | 10:20

Analisadaily - Meski soda bukan pilihan minuman yang sehat, minum minuman manis ini sesekali tidak akan selalu membuat pengkonsumsinya menjadi tidak sehat, kata para ahli.

“Jika Anda minum satu kaleng soda dalam satu kesempatan, tidak berarti hal itu membuat Anda tidak sehat,” kata Heather Mangieri, seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan pemilik perusahaan konsultasi Nutrition Checkup di Pittsburgh.

“Kualitas diet secara keseluruhan adalah hal yang penting dari ini.”

Untuk menambah wawasan Anda tentang minuman bersoda, para ahli kesehatan merilis infografik yang diterbitkan dalam blog Renegade Pharmacist. Secara detail, infografik ini merinci 7 perubahan yang terjadi pada tubuh selama satu jam pertama setelah meminum satu kaleng soda, termasuk efek dari menelan 39 gram gula.

Menurut laporan dari Huffington Post, informasi grafis ini diambil dari sebuah artikel tahun 2010 di situs blisstree.com.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 poin yang terjadi pada tubuh setelah mengkonsumsi satu kaleng minuman soda:

Infografik: Yang terjadi pada tubuh satu jam pertama setelah minum satu kaleng soda.

Infografik: Yang terjadi pada tubuh satu jam pertama setelah minum satu kaleng soda.

10 menit pertama

10 sendok teh gula masuk ke dalam sistem tubuh Anda, (100% dari jumlah gula harian yang direkomendasikan). Tapi, Anda tidak akan segera muntah dari kelebihan pemanis ini karena asam fosfat mengurangi rasa yang membuat Anda down.

20 menit

Gula darah Anda melonjak dan menyebabkan ledakan insulin. Hati atau liver Anda akan meresponnya dengan mengubah beberapa gula yang dapat membuatnya menjadi lemak. (Ada banyak gula pada bagian ini).

40 menit

Penyerapan kafein sempurna. Pupil Anda akan membesar dan tekanan darah meningkat serta hati akan merespon dengan membuang lebih banyak gula ke dalam aliran darah Anda. Akibatnya, reseptor adenosin di otak Anda sekarang diblokir untuk mencegah kantuk.

45 menit

Tubuh Anda akan meningkatkan produksi dopamin untuk merangsang pusat kesenangan otak. Secara fisik, bagian ini sama dengan bagaimana cara heroin bekerja.

60 menit

Asam fosfat akan mengikat kalsium, sedangkan magnesium dan zinc berada di dalam usus yang lebih rendah. Hal ini akan memberikan dorongan lebih lanjut dalam metabolisme. Hal ini semakin diperparah dengan dosis tinggi gula dan pemanis buatan, yang juga meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.

60 menit

Sifat diuretik kafein mengambil peran di bagian ini, (inilah yang membuat Anda harus buang air kecil). Secara pasti, Anda akan melepaskan ikatan kalsium, magnesium dan zinc, yang menuju tulang Anda bersama sodium, elektrolit dan air.

60 menit

Sebagai dampak buruk dari ini mungkin Anda akan lebih mudah marah dan/atau lamban. Tapi, secara harfiah, Anda juga dapat menyingkirkan efek-efek buruk itu dengan cara menyertakan nutrisi-nutrisi berharga yang dibutuhkan tubuh dalam hal-hal, seperti meningkatkan kemampuan untuk menghidrasi sistem tubuh atau membangun tulang dan gigi yang kuat.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar