Ilmuwan Temukan Cara Menumbuhkan Enamel Gigi

Penulis: Christison Sondang Pane

Ilmuwan Temukan Cara Menumbuhkan Enamel Gigi

Ilustrasi (Ubergizmo)

Senin, 2 September 2019 | 10:11

Analisadaily - Ada alasan mengapa menghindari makan jenis makanan tertentu dan minum jenis minuman tertentu, seperti minuman bersoda. Ini karena ada jenis makanan dan minuman yang bisa mengikis enamel pada gigi.

Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan masalah gigi yang lebih rumit karena fakta, bahwa enamel tidak dapat memperbaiki sendiri atau tumbuh kembali.

Meskipun ada beberapa pasta gigi dan obat kumur yang dapat membantu mendemineralisasi gigi Anda, hanya saja tidak sama.

Namun, ada beberapa kabar baik karena menurut para ilmuwan di Universitas Zhejiang di China dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Advances, mereka mungkin telah menemukan cara untuk membantu menumbuhkan kembali enamel pada gigi.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (2/9), ini dicapai dengan mengembangkan cara untuk menghasilkan kelompok kecil kalsium fosfat, komponen utama yang ditemukan dalam enamel.

Mereka kemudian menguji gugus kalsium ini pada hidroksiapatit kristalin, yang dikatakan mirip dengan enamel alami, dan menemukan, bahwa kluster ini berhasil melebur ke bahan yang jauh lebih ketat dibanding dengan metode tradisional memperbaiki enamel, seperti pakai resin.

Menurut para ilmuwan, mereka mengklaim ini adalah langkah yang sangat penting karena seiring waktu, itu akan mulai mengkristal karena ia akhirnya tumbuh ke titik di mana kekuatan dan ketahanan ausnya mirip dengan enamel alami yang tidak rusak.

Para ilmuwan juga mengatakan, telah berbicara dengan dokter gigi dan sampai pada kesimpulan, ini merupakan metode yang dapat digunakan di masa depan, jika terbukti dapat bekerja secara klinis.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar