Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Minyak di Lautan

Penulis: Christison Sondang Pane

Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Minyak di Lautan

Ilustrasi (Ubergizmo)

Selasa, 16 April 2019 | 11:04

Analisadaily – Tumpahan minyak kadang-kadang bisa terjadi, tetapi sangat disayangkan karena mengakibatkan kematian terhadap hewan-hewan laut. Membersihkannya juga membutuhkan waktu lama, tergantung seberapa besar tumpahannya.

Namun, ada kabar baik dari ilmuwan di University of East Anglia (UE), Inggris. Karena, telah menemukan solusi untuk mengatasi masalah itu. Menurut peneliti, mereka menemukan di dasar Palung Mariana, parit alami terdalam di lautan.

Di sana ada jenis bakteri yang memiliki kemampuan untuk memakan senyawa yang mirip dengan yang ditemukan di dalam minyak. Ini pertama kalinya ilmuwan menemukan konsentrasi bakteri ini di Palung Mariana, Samudera Pasifik, dekat dengan Jepang.

“Kami mempelajari sampel yang dibawa kembali dan mengidentifikasi kelompok baru bateri pengurai hidrokarbon. Hidrokarbon adalah senyawa organik yang hanya terbuat dari atom hidrogen dan karbon, dan mereka ditemukan di banyak tempat, termasuk minyak mentah dan gas alam,” kata Peneliti, Joantahan Todd dilansir dari Ubergizmo, Selasa (16/4).

Dia menambahkan, jadi, jenis mikroorganisme ini pada dasarnya memakan senyawa yang mirip dengan minyak dan kemudian menggunakannya untuk bahan bakar. Mikroorganisme serupa berperan dalam menurunkan tumpahan minyak dalam bencana alam, seperti minyak BP 2010 di Teluk Meksiko.

“Tidak jelas apakah para peneliti akan dapat memanfaatkan kemampuan bakteri untuk makan minyak dan dengan demikian membantu dengan tumpahan minyak, sehingga untuk saat ini, penelitian akan difokuskan pada bagaimana bakteri dapat member makan begitu dalam di bawah air dan mencari tahu apa yang sebenarnya member makan mereka,” tambah Toodd.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar