Ilmuwan Kembangkan Pendeteksi Bakteri Dalam Hitungan Menit

Penulis: Reza Perdana

Ilmuwan Kembangkan Pendeteksi Bakteri Dalam Hitungan Menit

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 10 Mei 2019 | 14:36

Analisadaily - Saat ini para dokter meresepkan pasien antibiotik yang kuat saat mereka menunggu laporan laboratorium. Untuk membuat terobosan, para ilmuwan barupaya mengembangkan perangkat baru untuk mendeteksi bakteri dalam hitungan menit, bukan hari.

Dilansir dari Asia One, Jumat (10/5), hal itu sedang dilakukan oleh sebuah tim di universitas Penn State, dan dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences pada hari Senin (6/5) lalu.

Dikembangkan bersama oleh Pak Kin Wong, seorang profesor teknik biomedis dan teknik mesin, perangkat ini menggunakan mikroteknologi untuk menjebak sel bakteri tunggal yang kemudian dapat dilihat di bawah mikroskop elektron.

Pendekatan ini memungkinkan dokter untuk menentukan dalam 30 menit apakah bakteri hadir dan kerentanannya terhadap pengobatan obat, berbeda dengan tiga hingga lima hari yang harus dilakukan oleh praktikum saat ini.

"Kami saat ini meresepkan antibiotik walaupun tidak ada bakteri. Itu sudah terlalu diresepkan. Itu adalah salah satu hal yang kami coba ungkapkan. Bisakah kita dengan cepat menentukan keberadaan infeksi bakteri?" kata Wong kepada AFP.

Makalah para peneliti mengatakan bahwa selain dapat mendeteksi apakah ada bakteri, perangkat dapat mulai mengklasifikasikan jenis dengan menentukan apakah sel itu berbentuk bulat, berbentuk batang, atau spiral.

"Perangkat ini menentukan keberadaan tetapi bukan jenis bakteri apa itu. Apa yang kami kerjakan adalah pendekatan molekuler komplementer, sehingga kami dapat mengidentifikasi spesies," kata Wong.

Dan setelah menemukan bakteri, sampel terpapar antibiotik untuk menentukan apakah strain resisten, dalam hal mana intervensi antibiotik terbukti tidak efektif. "Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang paling umum," ucap Wong.

"Namun, lebih dari 75 persen spesimen urin yang dikirim ke laboratorium mikrobiologi klinis adalah negatif. Dengan cepat mengesampingkan atau mengkonfirmasi keberadaan bakteri pada konsentrasi yang relevan secara klinis akan secara dramatis meningkatkan perawatan pasien," sebutnya.

Wong menambahkan bahwa tim telah mengajukan permohonan paten sementara dan dapat membawa perangkat mereka, yang mereka harapkan dapat diturunkan ukurannya sehingga dapat digunakan di rumah sakit dan kantor dokter, untuk dipasarkan dalam waktu tiga tahun.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar