Ilmuwan Berhasil Menghilangkan HIV dari DNA Tikus

Penulis: Christison Sondang Pane

Ilmuwan Berhasil Menghilangkan HIV dari DNA Tikus

Ilustrasi (Ubergizmo)

Jumat, 5 Juli 2019 | 10:46

Analisadaily – Individu-individu yang terinfeksi AID memang masih bisa menjalani hidup yang relatif panjang, setidaknya lebih lama dari pada hari itu, namun faktanya adalah, di tubuh mereka masih terdapat penyakit.

Sehingga, penyembuhan yang sempurna sangat diperlukan, tetapi sains dan pengobatan modern belum sampai ke titik itu.

Akan tetapi, ada beberapa kemajuan yang baik, setidaknya menurut penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan yang telah berhasil menghilangkan virus HIV dari DNA sembilan tikus hidup.

Ini berkat penggunaan teknologi pengeditan gen CRISPR dan proses perawatan yang dikenal sebagai LASER ART. Para ilmuwan di Temple University dan University of Nebraska Medical Center mengklaim telah berhasil menghilangkan penyakit dari sekelompok tikus.

“Kami pikir penelitian ini adalah terobosan besar karena untuk pertama kalinya menunjukkan setelah 40 tahun epidemi AIDS, virus HIV adalah penyakit yang dapat disembuhkan,” kata salah seorang peneliti Dr. Kamel Khalili dilansir dari Ubergizmo, Juat (5/7).

Cara kerjanya adalah pertama, mereka menggunakan LASER ART untuk membantu mengurangi pertumbuhan HIV pada subjek, dan kemudian mereka menggunakan CRISPR untuk memotong semua DNA yang masih sudah terintegrasi dengan HIV.

Berdasarkan temuan mereka, virus tidak kembali pada sembilan dari 21 tikus yang telah diuji coba. Dengan keberhasilan ini, ada rencana untuk akhirnya mulai mengujinya pada primata, namun obat ini belum tersedia untuk manusia dalam waktu dekat.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar